Sloane Stephens Juara Grand Slam AS Terbuka

Putra Permata Tegar Idaman , CNN Indonesia | Minggu, 10/09/2017 04:33 WIB
Sloane Stephens Juara Grand Slam AS Terbuka Sloane Stephens berhasil tampil dominan di laga final lawan Madison Keys. (Reuters/Mike Segar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Petenis tuan rumah, Sloane Stephens berhasil jadi juara grand slam Amerika Serikat Terbuka setelah mengalahkan rekan senegaranya, Madison Keys di babak final, Sabtu (9/9) dengan skor 6-3, 6-1.

Bagi Stephens, gelar AS Terbuka ini merupakan gelar grand slam perdana sepanjang kariernya. Selama ini, Stephens juga belum pernah mendapatkan kesempatan tampil di final dan torehan semifinal Australia Terbuka adalah catatan terbaik Stephens sebelumnya.


Pertarungan antara kedua pemain berjalan imbang di empat gim awal. Momentum kemudian didapat oleh Stephens setelah ia sukses melakukan break di gim kelima dan memimpin 3-2. Momentum itu berhasil dipertahankan oleh Stephens hingga set pertama berakhir dengan skor 6-3 untuk Stephens.

Pada set pertama, Keys bermain buruk dengan menghasilkan 16 unforced errors. Hal itu ternyata tak membaik di set kedua. Stephens justru makin menunjukkan kehebatannya.

Laga final AS Terbuka berjalan anti-klimaks karena Madison Keys tak bermain di performa terbaiknya.Laga final AS Terbuka berjalan anti-klimaks karena Madison Keys tak bermain di performa terbaiknya. (Foto: Reuters/Mike Segar)

Dua break beruntun di gim kedua dan keempat mengantar Stephens memimpin 4-0. Pada gim kelima, Keys punya kesempatan untuk melakukan break atas Stephens untuk pertama kalinya. Namun Keys gagal dalam tiga kesempatan yang ia miliki dan malah kehilangan gim kelima.

Unggul 5-0 membuat Stephens makin percaya diri. Ia tampil menekan meskipun Keys saat itu mendapat giliran melakukan servis. Setelah gagal di beberapa kesempatan championship point yang didapat, Stephens berhasil jadi juara usai pukulan Keys melebar keluar lapangan. Laga pun berakhir dengan kemenangan Stepgens 6-3, 6-0.

Keberhasilan Stephens jadi juara di AS Terbuka melengkapi langkah ajaibnya di turnamen ini. Datang sebagai pemain non unggulan, Stephens melaju ke final dengan menaklukkan sejumlah pemain top seperti Dominika Cibulkova hingga Venus Williams dalam perjalanannya ke final.