LIVE REPORT

LIVE: Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam

LIVE: Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam

Live report Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam ini sudah berakhir. Sampai jumpa di live report CNNIndonesia.com yang selanjutnya.

  • 11 Sep 17:25

    Perjuangan Timnas Indonesia U-19 Belum Berakhir

    Kekalahan dari Vietnam bukanlah akhir perjalanan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-18 2017.

    Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos ke semifinal. Jika mampu mengalahkan Brunei Darussalam pada pertandingan terakhir, Rabu (13/9), maka Indonesia memiliki peluang besar lolos ke semifinal.

    Peluang Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal masih terbuka lebar.Peluang Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal masih terbuka lebar. (Dok. PSSI)
    Kekalahan membuat Indonesia tetap di posisi dua dengan enam poin. Sementara Vietnam di puncak klasemen dengan sembilan poin. Posisi ketiga ditempati Myanmar dengan koleksi tiga poin.

    Myanmar berpeluang menyalip posisi Indonesia jika mampu mengalahkan Filipina lebih dari satu gol pada pertandingan di Stadion Thuwunna, Yangon, malam ini.
  • 11 Sep 17:23

    Babak Kedua Berakhir

    Pertandingan babak kedua berakhir, dan skor 3-0 untuk Vietnam tetap bertahan.
  • 11 Sep 17:15

    Perlawanan Indonesia Berakhir

    Berakhir sudah perlawanan Indonesia setelah Vietnam mencetak gol ketiga pada menit ke-86 melalui gol sundulan Bui Hoang Viet Anh.

    Menerima umpan sepak pojok, Viet Anh memenangi duel udara melawan Muhammad Iqbal.

    Masih ada beberapa menit sisa pertandingan, namun dipastikan waktu itu tidak cukup bagi Indonesia untuk setidaknya menyamakan kedudukan sekalipun.
  • 11 Sep 17:08

    Shot On Goal Pertama

    Timnas Indonesia U-19 baru mampu melakukan shot on goal pertama di pertandingan ini pada menit ke-78 melalui Witan Sulaeman.

    Saddil Ramdani gagal berbuat banyak ketika melawan Vietnam.Saddil Ramdani gagal berbuat banyak ketika melawan Vietnam. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
    Menerima umpan lambung, Witan berhasil menguasai bola di dalam kotak penalti Vietnam dan melepaskan tendangan kaki kiri yang masih mampu ditangkap kiper Vietnam.

    Satu menit kemudian Witan kembali mendapat peluang. Tapi, lagi-lagi mampu diantisipasi kiper Vietnam. Sundulan Witan menerima umpan silang Samuel Christianson tepat mengarah ke kiper Vietnam.
  • 11 Sep 17:05

    Emosi Timnas Indonesia U-19 Diuji

    Pertandingan terhenti pada menit ke-75 karena water break. Sebelumnya, sejumlah pemain Timnas Indonesia U-19 terpancing emosinya karena permainan keras Vietnam.

    Salah satunya Egy Maulana Vikri yang sempat terkapar di lapangan pada menit ke-70. Egy mengklaim salah satu pemain Vietnam menyikutnya, tapi wasit tidak melihat insiden tersebut.

    Hingga 15 menit akhir pertandingan serangan Indonesia tidak kunjung membaik.
  • 11 Sep 16:57

    Ketakutan Timnas Indonesia Jadi Kenyataan

    Sebelum pertandingan melawan Vietnam, bek Timnas Indonesia U-19 Nurhidayat Haji Haris mengatakan salah satu yang diwaspadai timnya dari Vietnam adalah permainan spartan.

    Terbukti hingga menit ke-68, Vietnam sangat disiplin dan tegas dalam bermain. Mereka tidak terpancing untuk meninggalkan posisi ketika Indonesia membangun serangan.

    Vietnam hanya menyisakan satu pemain di wilayah pertahanan Indonesia ketika tidak menguasai bola, dan menunggu di posisinya masing-masing. Sistem pressing yang diterapkan Vietnam juga berjalan baik, terlebih karena mereka sudah unggul dua gol.
  • 11 Sep 16:44

    Timnas Indonesia Mulai Berani

    Sekitar 15 menit babak kedua berjalan, Timnas Indonesia U-19 menunjukkan intensitas serangan yang tinggi. Sayang, serangan yang dibangun masih sulit menembus lini pertahanan Vietnam yang disiplin dan spartan.

    Egy Maulana Vikri diharapkan mampu membongkar pertahanan Vietnam.Egy Maulana Vikri diharapkan mampu membongkar pertahanan Vietnam. (Dok. PSSI)

    Terlihat antar-lini Timnas Indonesia U-19 masih terlalu jauh antara lini belakang, tengah, dan depan. Sebaliknya, transisi permainan Vietnam cukup apik. Mereka cepat maju ketika menyerang dan cepat bertahan ketika diserang.
  • 11 Sep 16:40

    Indonesia Nyaris Cetak Gol

    Sebuah tendangan keras Muhammad Lutfhi Kamal membuat Timnas Indonesia U-19 nyaris memperkecil kedudukan pada menit ke-49.

    Lutfhi melepaskan tendangan keras mendatar dari luar kotak penalti yang masih tipis di sisi kanan gawang Vietnam.
  • 11 Sep 16:38

    Babak Kedua Dimulai

    Pertandingan babak kedua di Stadion Thuwunna dimulai. AYO INDONESIA...!!!
  • 11 Sep 16:21

    Analisis Babak Pertama

    Timnas Indonesia U-19 terlihat justru tampil mengikuti ritme permainan Vietnam yang lambat di babak pertama.

    Tim Garuda Nusantara hanya tampil apik di 20 menit awal pertandingan. Setelah itu Indonesia bermain sedikit tanpa arah di lini tengah, hingga akhirnya Vietnam mampu mencetak gol pertama pada menit ke-41.

    Timnas Indonesia U-19 harus meningkatkan intensitas serangan di babak kedua.Timnas Indonesia U-19 harus meningkatkan intensitas serangan di babak kedua. (Dok. PSSI)
    Gol kedua Vietnam tercipta dari situasi yang tidak berbahaya. Pasalnya, hanya ada satu pemain Vietnam, Le Van Nam, yang berada di dalam kotak penalti dan dia mampu mencetak gol.

    Di babak kedua Timnas Indonesia U-19 harus menunjukkan permainan aslinya. Mengalirkan bola dari bawah lewat umpan-umpan pendek, dan menekan melalui sayap. Indonesia juga harus menaikkan intensitas serangan. Jika tidak maka akan kembali terbawa dengan permainan lambat Vietnam.
  • 11 Sep 16:20

    Babak Pertama Berakhir

    Pertandingan babak pertama di Stadion Thuwunna, Yangon, berakhir. Skor 2-0 untuk Vietnam masih bertahan.
  • 11 Sep 16:14

    Le Van Nam Cetak Gol Kedua

    Setelah bek kanan Timnas Indonesia U-19, Rifad Marasabessy, membuang peluang pada menit ke-44. Vietnam justru mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-45.

    Berawal dari umpan silang Pham Van Luan, Le Van Nam memenangi duel udara dan melepaskan sundulan ke pojok kiri gawang tanpa mampu dibendung kiper Aqil Savik.
  • 11 Sep 16:12

    Gawang Indonesia Kebobolan (41')

    Gawang Aqil Savik langsung kebobolan dua menit masuk ke lapangan. Berawal dari sepak pojok, Le Van Nam menggetarkan gawang Indonesia setelah emnerima umpan Tran Bao Toan. 1-0 untuk Vietnam.
  • 11 Sep 16:09

    Riyandi Cedera, Aqil Masuk

    Kabar buruk buat Timnas Indonesia U-19. Setelah melakukan penyelamatan menit ke-36, kiper Muhamad Riyandi justru mengalami cedera ketika menendang bola.

    Riyandi terlihat salah tumpuan ketika berusaha menendang bola dengan cepat. Pelatih Indra Sjafri pun memasukkan kiper Muchamad Aqil Savik pada menit ke-39.
  • 11 Sep 16:07

    RIYANDI SAVE...!!!

    Kiper Muhamad Riyandi melakukan penyelamatan penting bagi Timnas Indonesia U-19 pada menit ke-36.

    Vietnam mendapat tendangan bebas yang dieksekusi Le Van Xuan. Namun, bola masih mengarah ke tengah gawang dan berhasil ditepis Riyandi.
  • 11 Sep 16:02

    Vietnam Nyaris Cetak Gol (31')

    Timnas Vietnam hampir mencetak gol ke gawang Indonesia pada menit ke-31 melalui kapten tim Pham Van Luan.

    Lini pertahanan Indonesia sedikit lengah di pertandingan babak pertama.Lini pertahanan Indonesia sedikit lengah di pertandingan babak pertama. (Dok. PSSI)
    Berawal dari kelengahan sisi kiri pertahanan Indonesia, Van Luan berhasil menerima umpan lambung dan melepaskan tendangan voli dari luar kotak penalti.

    Beruntung bagi Indonesia tendangan pemain Vietnam bernomor punggung 7 itu masih menyamping di sisi kanan gawang Muhamad Riyandi.
  • 11 Sep 16:00

    Water Break (29')

    Para pemain kedua tim istirahat sejenak dalam water break pada menit ke-29.

    Water break bisa digunakan pelatih kedua tim untuk memberikan instruksi kepada pemain.
  • 11 Sep 15:56

    Timnas Vietnam Tampil Beda (25')

    Timnas Vietnam tampil sedikit berbeda pada pertandingan kali ini. Jika biasanya The Golden Stars menampilkan permainan cepat dengan umpan-umpan pendek, kali ini Vietnam justru lebih sering melakukan umpan-umpan lambung ke sayap.

    Vietnam sepertinya ingin meniru strategi Myanmar, yang berhasil membobol gawang Indonesia di pertandingan pertama lewat umpan dari sayap.
  • 11 Sep 15:52

    Timnas Indonesia U-19 Percaya Diri

    Laga berjalan 22 menit, Timnas Indonesia U-19 terlihat bermain lebih percaya diri daripada Vietnam.

    Permainan Timnas Indonesia U-19 sedikit di atas Vietnam pada awal babak pertama ini.Permainan Timnas Indonesia U-19 sedikit di atas Vietnam pada awal babak pertama ini. (Dok. PSSI)
    Setiap serangan Vietnam selalu mampu dibendung lini pertahanan Indonesia. Setiap pemain Vietnam menguasai bola, tim asuhan Indra Sjafri selalu sukses melakukan pressing.

    Pada menit ke-23, Indonesia mendapat peluang. Sayang, umpan tarik Saddil Ramdani yang mengarah ke Hanis Saghara berhasil dipotong lini pertahanan Vietnam.
  • 11 Sep 15:48

    Eksploitasi Sisi Kiri Vietnam

    Timnas Indonesia U-19 lebih banyak membangun serangan melalui sisi kiri pertahanan Vietnam, di mana Egy Maulana Vikri sering melakukan drive-drive berbahaya.

    Egy sempat mendapat peluang pada menit ke-16. Sayang, tendangan mendatarnya yang dimaksudkan untuk Hanis Saghara, justru tepat mengarah ke pelukan kiper Vietnam.
  • 11 Sep 15:46

    Lini Belakang Indonesia Masih Solid

    Lini pertahanan Timnas Indonesia U-19 yang dikomandoi Rachmat Irianto hingga menit 15 pertandingan berjalan masih mampu menjaga konsentrasi.

    Vietnam sempat mendapat peluang. Namun, Truong Tien Anh gagal melepaskan tendangan dengan leluasa dari luar kotak penalti karena lini pertahanan Indonesia yang tertutup.

  • 11 Sep 15:39

    Vietnam Main Spartan

    Hingga sepuluh menit pertandingan babak pertama berjalan, Timnas Indonesia U-19 masih menguasai jalannya pertandingan. Namun, tim asuhan Indra Sjafri masih kesulitan membongkar pertahanan Vietnam.

    Saddil Ramdani menjadi andalan Timnas Indonesia U-19 di sayap kiri.Saddil Ramdani menjadi andalan Timnas Indonesia U-19 di sayap kiri. (Dok. PSSI)
    Permainan spartan memang menjadi ciri khas Vietnam. Tim Golden Stars hanya menyisakan satu pemain di depan ketika Indonesia menguasai bola.

    Lini pertahanan Indonesia meski mewaspadai serangan balik Vietnam, terutama melalui sayap, jika kehilangan bola. Transisi Vietnam sangat berbahaya.
  • 11 Sep 15:37

    Peluang Pertama Indonesia (6')

    Berawal dari sepak pojok, Timnas Indonesia U-19 mendapat peluang pertamanya pada menit keenam.

    Bek Nur Hidayat yang tidak terkawal di sisi kanan kotak penalti Vietnam berhasil melepaskan tendangan voli. Sayang, tendangan Nur Hidayat tidak tepat dan hanya menghasilkan tendangan gawang untuk Vietnam.
  • 11 Sep 15:34

    Kiper Muhamad Riyandi Terpakar

    Kiper Muhamad Riyandi terkapar di lapangan setelah bertabrakan dengan penyerang Vietnam Le Van Nam pada menit ketiga. Semuanya berawal dari kesalahan pemain lini tengah Indonesia yang kehilangan bola di tengah lapangan.

    Susunan pemain

    Indonesia XI: Muhammad Riyandi; Rifad Marabessy, Rachmat Irianto (C), Nur Hidayat, Firza Andika; Saddil Ramdani, M Lutfi Kamal, Muhammad Iqbal, Syahrian Abimanyu, Egy Maulana; Hanis Saghara.

    Vietnam XI: Li Ni; Thai Ba Sang, Bui Hoang Viet Anh, Lieu Quang Vinh; Pham Van Luan, Le Van Xuan, Tran Van Cong, Tran Bao Toan, Truong Tien Anh; Le Van Nam, Le Xuan Tu.
  • 11 Sep 15:32

    Pertandingan Babak Pertama Dimulai

    Pertandingan babak pertama di Stadion Thuwunna, Yangon, sudah berlangsung.

    Timnas Indonesia U-19 mengenakan kostum merah-merah, Vietnam mengenakan kostum putih-putih.
  • 11 Sep 15:26

    Laga Krusial

    Selama sore, jumpa lagi dalam live report CNNIndonesia.com. Kali ini CNNIndonesia.com akan melakukan live report jalannya pertandingan Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam.

    Timnas Indonesia U-19 butuh kemenangan untuk memastikan langkah ke semifinalTimnas Indonesia U-19 butuh kemenangan untuk memastikan langkah ke semifinal. (Dok. PSSI)
    Timnas Indonesia U-19 akan memastikan langkah ke semifinal jika mampu mengalahkan Vietnam sore ini.

    Rekor pertemuan Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala AFF U-18:

    Piala AFF 2003: Indonesia 0-3 Vietnam
    Piala AFF 2011: Indonesia 1-6 Vietnam
    Piala AFF 2013: Indonesia 1-2 Vietnam & Indonesia 0-0 Vietnam (Indonesia menang adu penalti 7-6)

Related Articles