Erick Thohir Berharap Asian Games Tak Terganjal Dana

arby , CNN Indonesia | Senin, 11/09/2017 22:06 WIB
Erick Thohir Berharap Asian Games Tak Terganjal Dana Kesiapan dana akan menjadi salah satu pendukung keberhasilan prestasi di Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kurang dari setahun penyelenggaraan Asian Games 2018, Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir belum menunjuk Chef de Mission (CdM) Indonesia. Erick Thohir berharap kepastian alokasi dana segera dituntaskan agar persiapan Asian Games, termasuk penunjukkan CdM, bisa lebih terarah dengan baik.

Salah satu alasan ia belum menunjuk CdM adalah anggaran Asian Games yang belum mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat.


"Yang pasti pada hari ini juga kami dari KOI sudah memasukkan secara resmi bahwa agenda tahun depan itu ada dua yang diikuti yaitu satu untuk youth olympic, yang kedua untuk Asian Games. Jadi secara anggaran kami sudah masukkan. Mudah-mudahan dari Komisi X DPR RI [Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia] dan Kemenpora [Kementerian Pemuda dan Olahraga] menyetujui," kata Erick.

Erick Thohir menyadari pentingnya kejelasan pendanaan sebelum penyelenggaraan Asian Games 2018.Erick Thohir menyadari pentingnya kejelasan pendanaan sebelum penyelenggaraan Asian Games 2018. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
"Dan tentu untuk CdM Asian Games serta Youth Olympic, kalau ada kepastian [dana] tentu kami akan merekomendasikan nama. Tapi kalau dananya belum pasti kan nanti CdM-nya kasihan juga. Kalau ada kepastian dana, pasti persiapannya lebih baik," ucap Erick.

Presiden klub Inter Milan itu yakin Kemenpora dan DPR  akan bekerja sama untuk membenahi proses administrasi dan mendukung percepatan anggaran Asian Games.

Sri Wahyuni menyumbang medali perunggu pada Asian Games 2014. Sri Wahyuni menyumbang medali perunggu pada Asian Games 2014. (SAPTONO)
Selain keperluan penunjukkan CdM, Erick berharap masalah dana tidak akan mengganjal persiapan Asian Games sehingga bisa menunjang prestasi atlet.

"Kami mau kalau angka-angka ini diketok dari awal, tentu persiapannya akan jauh lebih baik. Dan kami tak mau lagi di masa mendatang misalnya dana SEA Games baru cair dua pekan sebelum keberangkatan. Nah kalau anggaran ini sudah diketok, berarti pada April dan Mei kan sudah ada kepastian sehingga akomodasi atlet bisa segera dijalankan tepat waktu," katanya menambahkan.