Timnas U-16 Diminta Serap Semangat Kopassus

Titi Fajriyah , CNN Indonesia | Rabu, 13/09/2017 23:32 WIB
Timnas U-16 Diminta Serap Semangat Kopassus Timnas U-16 selama ini digembleng di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini berharap anak asuhnya bisa menyerap semangat Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Dengan demikian, mental bertanding pasukan Garuda Asia tak goyah ketika menghadapi persaingan sengit di Kualifikasi Piala Asia U-16 2017.

Hamsah Lestaluhu dan kawan-kawan memang digembleng di Lapangan Atang Sutresna yang terletak di Kompleks Komando Pasukan Khusus (Kopasus) Cijantung, Jakarta Timur.

Tak hanya latihan sepak bola, para pemain juga dilatih secara fisik dan digembleng mentalnya selama menjalani pemusatan latihan di Markas Kopasus.

Persiapan matang sudah dibangun demi mendapatkan hasil maksimal di Bangkok, Thailand, pada 16-22 September 2017.

"Seluruh pemain sudah siap tampil mulai 16-22 September 2017. Dengan dukungan Pak Edy (Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi) dan teman-teman Kopasus saya harap semangat di Kopasus bisa menular ke permainan para pemain di Thailand nanti," ungkap Fakhri.

Di sisi lain, kembalinya Hamsah Lestaluhu usai cedera ACL di lutut kanan pada masa persiapan. Namun, kondisi Hamsah belum 100 persen.

Timnas U-16 Masih Labil

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi menyebut kekurangan yang ada pada pemain Timnas U-16 adalah masih labil meski fisik dan taktik sudah tidak diragukan lagi.

"Kami sudah siapkan (timnas U-16) sejak 2 Februari 2017. Sudah tujuh bulan. Kami berharap hasil terbaik kemarin di Piala AFF U-16 tapi ternyata ada beberapa hal yang perlu dievaluasi," kata Edy di Lapangan Atang Sutresna Kopasus, Cijantung, Rabu (13/9).

Soal target, Edy menyebut dirinya berharap bisa melihat kemampuan para pemain Timnas U-16.

"Hanya sayang setelah adanya evaluasi dari kumpulan pelatih bahwa anak-anak masih labil. Kelabilan, emosi membuat merka belum utuh. Tapi skill dan talenta sudah bagus. Mari didoakan," pungkasnya.

Timnas U-16 bakal bertolak ke Bangkok, Thailand, Kamis (14/9) pagi. Indonesia berada di Grup G bersama dengan Kepulauan Mariana Utara, Timor Leste, Thailand, dan Laos. Kualifikasi Piala Asia U-16 bakal dimulai 16-22 September 2016.