Indra Sjafri: Timnas Indonesia Siap Fisik, Mental, dan Taktik

Jun Mahares , CNN Indonesia | Kamis, 14/09/2017 17:05 WIB
Indra Sjafri: Timnas Indonesia Siap Fisik, Mental, dan Taktik Timnas Indonesia U-19 bakal menghadapi Thailand di semifinal Piala AFF U-18, Jumat (15/9). (Dok.PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Masalah mental bertanding masih menjadi pekerjaan rumah yang harus dibenahi Timnas Indonesia U-19 jelang bertemu tim kuat Thailand di semifinal Piala AFF U-18 2017, Jumat (15/9).

Juru taktik Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, mengaku respek terhadap kekuatan Thailand. Namun, terpenting baginya adalah menjaga mental bertanding Rachmat Irianto dan kawan-kawan hingga akhir laga.


"Laga besok kami harus siap, secara taktikal, fisik, kebugaran, dan mental. Mental pemain saya selalu tekankan agar selalu percaya diri, fokus serta optimistis," kata Indra dalam keterangan pers dari PSSI.

Persoalan mental memang jadi salah satu faktor penting di skuat Indra Sjafri. Egy Maulana Vikri dan kawan-kaan bahkan sempat digembleng pendidikan mental ala militer sebelum bertolak ke Yangon.

Indra Sjafri menyoroti mental Timnas Indonesia U-19 melawan Thailand.Indra Sjafri menyoroti mental Timnas Indonesia U-19 melawan Thailand. (Dok. PSSI)
"Terkait kelebihan dan kekurangan Thailand, yang jelas semua tim yang kami hadapi, kami harus respek. Saat ini pembinaan usia muda di semua negara di ASEAN sudah berjalan sudah baik," ucap Indra.

Mantan pelatih Bali United itu berharap anak didiknya sudah kembali bugar untuk menghadapi laga penting melawan Thailand. Skuat Timnas Indonesia U-19 diharapkan berada dalam kondisi terbaik agar bisa tampil maksimal.


"Saya berpesan kami tetap diberikan kesehatan, kekuatan, dan kelancaran di laga semifinal besok. Kami ingin lolos ke babak final. Kembali lagi saya mohon doa dan dukungan kepada bangsa Indonesia," ujar pria asal Sumatera Barat itu.

Laga Indonesia melawan Thailand akan digelar di Stadion Thuwunna, Yangon, pada Jumat sore. Sementara laga semifinal lainnya, Malaysia vs Myanmar, bakal digelar di venue yang sama di malam hari.
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Asa Garuda Nusantara