Pertahanan Kokoh Persija Diuji 'Kebuasan' Bali United

Jun Mahares , CNN Indonesia | Kamis, 14/09/2017 22:42 WIB
Pertahanan Kokoh Persija Diuji 'Kebuasan' Bali United Bali United kini menjadi tim paling buas dalam urusan mencetak gol di kompetisi Liga 1. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/ama/17)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta kini berstatus sebagai tim paling kuat dari segi pertahanan di Liga 1 2017. Namun, kesolidan lini belakang mereka akan diuji Bali United yang tercatat sebagai tim paling buas dalam urusan mencetak gol.

Persija yang kini berada di urutan keenam klasemen, jadi tim yang paling sedikit kebobolan. Hingga kini gawang Andritany Ardhiyasa baru kemasukan 14 gol, sementara Bali United sudah kebobolan 26 gol.

Akan tetapi, tuan rumah Bali United punya keunggulan soal produktivitas gol. Serdadu Tridatu menjadi tim paling buas di depan gawang dengan catatan 52 gol.

Ketajaman Bali United memang menjadi sorotan di Liga 1. Catatan 25 gol yang ditorehkan Sylvano Comvalius membuat namanya berada di urutan teratas pencetak gol terbanyak.

Pelatih Persija Stefano 'Teco' Cugurra mewaspadai lini depan Bali UnitedPelatih Persija Stefano 'Teco' Cugurra mewaspadai lini depan Bali United. (Dok. Persija Jakarta)

Pelatih Persija Bali United Stefano "Teco" Cugurra tak memungkiri potensi bahaya yang akan dihadirkan Comvalius. Namun, ia juga percaya diri dengan solidnya pertahanan "Macan Kemayoran".

"Bali United saat ini berada di papan atas. Mereka menciptakan banyak gol dan striker mereka top scorer di liga. Kami pasti akan berkerja keras untuk laga besok, tapi Persija juga punya lini belakang yang kuat," kata Teco.

Pelatih asal Brasil itu mengakui Bali United menjadi salah satu tim kuat yang punya pemain berkualitas. Kehadiran Stefano Lilipaly di putaran kedua juga membuat tim asal Pulau Dewata itu melesat ke papan atas.

"Bali banyak pemain berbahaya di Bali United dan tidak hanya satu. Contohnya top scorer itu. Kami harus hati-hati dan marking dengan benar," ujar Teco.

Pelatih Bali United memuji pertahanan kokoh Persija Jakarta.Pelatih Bali United memuji pertahanan kokoh Persija Jakarta. (Dok. Persija Jakarta)
Pelatih Bali United Widodo C Putro juga tak meremehkan kekuatan Persija yang sebelumnya berhasil mencuri tiga poin di kandang Mitra Kukar. Namun, ia sudah menyiapkan strategi khusus untuk membongkar pertahanan tim tamu.

"Yang saya tahu Persija waktu lawan Mitra bermain dengan pertahanan yang sangat kuat. Kami juga sudah melatih beberapa pemain serta kombinasi untuk bongkar pertahanan mereka."

Widodo juga menilai cedera yang dialami Reinaldo Elias tak membuat lini depan Persija timpang. Sejumlah pemain sarat pengalam seperti Bambang Pamungkas dinilai bisa menjadi ancaman tersendiri.

"Tim persija ini pemainnya banyak pengalaman. Dia pasti bisa memanfaatkan peluang sekecil apapun itu," ujar Widodo.

Menarik dinanti apakah Bali United mampu membongkar pertahanan solid Persija yang terkenal solid di Liga 1? Sementara Persija pun berhasrat untuk mencuri poin di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (15/9) malam.