Timnas Indonesia Kalahkan Kamboja 3-1

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Rabu, 04/10/2017 23:35 WIB
Timnas Indonesia memetik kemenangan atas Kamboja dalam laga uji tanding yang berlangsung di stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (4/10). Kemenangan 3-1 di laga persahabatan, Rabu (4/10), menegaskan keunggulan pertemuan Indonesia atas Kamboja. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Bekasi, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia menghadapi Kamboja di laga persahabatan yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (4/10) malam. Meski berlangsung di hari pertandingan FIFA, laga uji tanding ini tidak terdaftar dalam kalender FIFA sehingga tidak ada poin FIFA yang bakal diperoleh kedua kesebelasan.

Pada awal laga kali ini skuat Merah Putih mengalami sedikit kesulitan untuk menguasai bola. Pressing dan agresivitas lawan membuat Andik Vermansah dan kawan-kawan mengalami kendala.


Di pertengahan babak pertama, Indonesia berhasil menguasai laga. Memasuki menit ke-32 sang ujung tombak Lerby Eliandri mencetak gol memanfaatkan skema tendangan sudut. Bola kiriman Febri Hariyadi ditanduknya masuk ke gawang Kamboja. Butuh lebih dari setengah jam bagi Indonesia membukukan keunggulan atas Kamboja.


Menit ke-34 angka di papan skor berubah. Diawali gerakan Andik yang menyisir sisi kanan pertahanan lawan. Setelah memasuki kotak penalti, pemain Selangor FA itu mengirim umpan kepada Rezaldi Hehanussa. Bek kiri Persija menendang bola yang masih dapat diblok bek lawan. Namun bola liar meluncur mengenai badan Rezaldi dan masuk ke gawang.

Andik Vermansah (kiri) aktif menjadi motor serangan Timnas Indonesia di sepanjang babak pertama.Andik Vermansah (kiri) aktif menjadi motor serangan Timnas Indonesia di sepanjang babak pertama. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Di babak kedua Fadhil Sausu dan Ilham Udin Armayn masuk menggantikan M Taufiq dan Andik Vermansah.

Tiga menit laga babak kedua berjalan, Chan Vatanaka mencetak gol menaklukkan Andritany Ardhyasa. Skor 2-1 hanya bertahan kurang dari satu menit. Memasuki menit ke-49, Septian David Maulana menyelesaikan peluang lewat tembakan kaki kanan.

Septian David Maulana mencetak gol ketiga Indonesia di laga uji tanding menghadapi Kamboja, Rabu (4/10).Septian David Maulana mencetak gol ketiga Indonesia di laga uji tanding menghadapi Kamboja, Rabu (4/10). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Selepas skor 3-1, intensitas laga tetap bertahan. Selain Indonesia yang berupaya menambah gol, tim tamu juga beberapa kali mengancam gawang Andritany.

Luis Milla memaksimalkan laga uji tanding untuk melakukan percobaan pemain. Di menit ke-64, Evan Dimas menggantikan Septian David dan Irfan Bachdim menggantikan Lerby.

Sementara pergantian pemain selanjutnya terjadi di menit ke-77. Fadhil Sausu yang mengalami cedera ditukar dengan Stefano Lilipaly, sedangkan Rizky Rizaldi Pora menggantikan Febri Hariyadi, menyusul Ricky Fajrin yang masuk untuk Fachruddin.

Rizky Rizaldi Pora yang masuk di paruh terakhir babak kedua gagal mencetak gol ke gawang Kamboja.Rizky Rizaldi Pora yang masuk di paruh akhir babak kedua gagal menambah keunggulan Timnas Indonesia atas Kamboja. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Memasuki 10 menit terakhir laga, Kamboja menguasai bola dan menciptakan beberapa peluang yang merepotkan lini belakang Timnas Indonesia teramsuk Andritany.

Hingga laga bubar, skor 3-1 untuk Indonesia menjadi hasil akhir pertandingan uji tanding ini.


Pemain inti Timnas Indonesia:
Andritany Ardhyasa; Benny Wahyudi, Fachruddin Wahyudi Aryanto, Ahmad Jupriyanto, Rezaldi Hehanusa; M Taufiq, Bayu Pradana, Andik Vermansah, Septian David Maulana, Febri Haryadi; Lerby Eliandri.