Fadhil Sausu Debut Tertua di Timnas Setelah Gonzales

Jun Mahares, CNN Indonesia | Kamis, 05/10/2017 15:49 WIB
Fadhil Sausu Debut Tertua di Timnas Setelah Gonzales Fadhil Sausu menjalani debut sebagai pemain tertua (32 tahun) di Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Laga persahabatan antara Timnas Indonesia melawan Kamboja, Rabu (4/10), menjadi hari yang bersejarah bagi Fadhil Sausu. Gelandang Bali United itu menjadi pemain tertua yang melakoni debut bersama skuat Garuda.

Fadhil, 32 tahun, menjadi pemain tertua kedua yang menjalani debut bersama tim Merah Putih. Sebelumnya, ada Cristian Gonzales yang memulai debutnya untuk Timnas Indonesia pada usia 34 tahun.

Bedanya, Fadhil merupakan talenta lokal yang telat bersinar. Sementara Gonzales dinaturalisasi oleh PSSI setelah memperlihatkan ketajamannya di Liga Indonesia.


Cristian Gonzales menjalani debutnya di Timnas Indonesia saat menginjak usia 34 tahun.Cristian Gonzales menjalani debutnya di Timnas Indonesia saat menginjak usia 34 tahun. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Selain Fadhil, ada talenta lokal lainnya yang baru dilirik masuk timnas di usia 30 tahun. Adalah Slamet Nurcahyo, yang memulai karier telat di timnas. Ia menjalani debutnya pada 2012 dan mulai dilirik kembali.

Slamet Nurcahyo yang kini menginjak usia 34 tahun tergabung dalam skuat Indonesia melawan Fiji di awal September 2017.

Nama Fadhil juga sempat dipanggil pelatih Luis Milla untuk persiapan timnas melawan Fiji. Namun, PSSI dalam surat resminya membatalkan pemanggilan sang pemain.

Pemain kelahiran Palu itu baru benar-benar mendapat kesempatan berseragam Garuda saat menghadapi Kamboja. Namun, debutnya kurang berjalan maksimal karena menderita cedera di tengah laga.

Slamet Nurcahyo menjalani debutnya di timnas senior saat berusia 30 tahun.Slamet Nurcahyo menjalani debutnya di timnas senior saat berusia 30 tahun. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pelatih Indonesia Luis Milla baru menurunkan Fadhil di awal babak kedua menggantikan Taufik. Namun, ia terpaksa ditarik keluar di menit ke-77 karena mengalami hamstring.

Meski demikian, keberadaan Fadhil di skuat Indonesia membuktikan dirinya pantas untuk bersaing dengan sederet gelandang terbaik di Indonesia.

Performa apiknya di Bali United selama tiga musim terakhir telah membuat Luis Milla kepincut. Namun, ia harus bersaing dengan sejumlah gelandang yang jauh lebih bugar, termasuk rekan setimnya Taufik.