Lewis Hamilton Start Terdepan di GP Jepang

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Sabtu, 07/10/2017 15:02 WIB
Lewis Hamilton Start Terdepan di GP Jepang Lewis Hamilton akan pimpin balapan di sirkuit Suzuka, Minggu (8/10). (AFP PHOTO / Emmanuel DUNAND)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin klasemen pebalap sementara musim ini, Lewis Hamilton memastikan posisi start terdepan pada GP Jepang setelah menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi terakhir, Sabtu (7/10). 

Pebalap tim Mercedes itu mencatatkan waktu satu menit 27,319 detik dan untuk pertama dalam sejarah berhasil memimpin balapan di sirkuit Suzuka.


Keberhasilannya menempati posisi start pertama di GP Jepang membuat Hamilton sudah 10 kali menempati pole position musim ini.


Secara keseluruhan dalam kariernya, Hamilton telah 71 kali menempati start terdepan di balap Formula 1. Bagi tim Mercedes, sumbangan Hamilton merupakan pole position mereka yang ke-85.

Lewis Hamilton mencatatkan posisi start terdepan yang ke-71 dalam kariernya di Formula 1.Lewis Hamilton mencatatkan posisi start terdepan yang ke-71 dalam kariernya di Formula 1. Foto: (AFP PHOTO / PEDRO UGARTE)
"Saya belum pernah berada di tempat terdepan di sini [Suzuka] sebelumnya. Ferrari akan melaju kencang besok dan kami harus tampil baik," ujar Hamilton seperti dikutip dari Autosport.

Rekan satu tim Hamilton, Valteri Bottas, menjadi pebalap tercepat kedua di sesi kualifikasi dengan mengukir waktu satu menit 27, 651 detik. Namun Bottas harus menerima penalti penurunan peringkat start karena pergantian gearbox yang tidak sesuai jadwal. Bottas pun akan mengawali lomba dari peringkat ketujuh.

Sebastian Vettel menempati urutan start kedua setelah Valteri Bottas mendapat penalti karena pergantian gearbox.Sebastian Vettel menempati urutan start kedua setelah Valteri Bottas mendapat penalti karena pergantian gearbox. (AFP PHOTO / POOL / Jeremy LEE)
Dengan demikian, Sebastian Vettel yang memiliki catatan waktu satu menit 27,791 detik akan membuntuti Hamilton dari posisi start kedua.

Peringkat start ketiga dan keempat dihuni dua pebalap Red Bull Renault, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen. Keduanya gagal menembus catatan waktu satu menit 27 detik.


Melengkapi peringkat start enam besar terdapat sepasang pebalap dari tim Force India Mercedes, Esteban Ocon dan Sergio Perez, yang hanya mengukir waktu di kisaran satu menit 29 detik. (nva)