Masa Depan Rio Haryanto di Formula E Masih Samar

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Senin, 09/10/2017 11:36 WIB
Masa Depan Rio Haryanto di Formula E Masih Samar Rio Haryanto kali terakhir tampil di Formula One pada balapan GP Jerman 2016. (Dok. Manor Grand Prix Racing Ltd)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, mengaku tidak dapat memberikan kepastian terkait peluang anaknya tampil di balapan Formula E musim 2017/2018. Penny menyerahkan semua keputusan kepada anaknya.

Rio menjalani tes Formula E menggunakan mobil Spark SRT_01E di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia, Spanyol, 3 Oktober lalu. Pebalap 24 tahun itu menghabiskan 30 putaran.

Indah mengaku belum berbicara banyak dengan Rio yang baru saja kembali ke Surakarta dari Spanyol dua hari lalu, Sabtu (7/10). Sampai saat ini Indah juga masih menunggu kabar dari manajer Rio, Piers Hunnisett, terkait peluang anaknya tampil di Formula E.


"Belum ada kelanjutannya sampai saat ini. Kemarin itu kan baru tes saja, belum ada apa-apa," kata Indah kepada CNNIndonesia.com, Senin (9/10).
Rio Haryanto menjajal mobil Formula E di Valencia, pekan lalu.Rio Haryanto menjajal mobil Formula E di Valencia, pekan lalu. (Sam Bloxham/LAT/Formula E)
"Sejauh ini masih tunggu mereka (Formula E), saya juga belum tahu Rio maunya bagaimana. Saya juga tunggu kabar dari Piers karena dia yang dampingi Rio selama tes," sambung Indah.

Peluang Rio untuk tampil di Formula E terbilang cukup besar. Pasalnya, hingga kini masih ada tiga posisi pebalap yang lowong untuk musim 2017/2018.
Indah Pennywati (kanan) menyerahkan masa depan Rio Haryanto di ajang Formula E kepada sang manajer.Indah Pennywati (kanan) menyerahkan masa depan Rio Haryanto di ajang Formula E kepada sang manajer. (Screenshoot via Instagram/@rharyantoracing)
Tim MS&AD Andretti belum mengumumkan pebalap keduanya untuk berduet dengan Antonio Felix da Costa. Sedangkan Venturi Team belum menentukan dua pebalap yang akan mereka gunakan musim 2017/2018.

Rio sendiri usai menjalani tes di Valencia berencana mengatur tes menggunakan mobil salah satu tim di Formula E. Langkah itu diambil karena mobil Spark SRT_01E yang digunakan Rio dalam tes pekan lalu sudah jauh berbeda dengan mobil Formula E musim ini.

Rio kali terakhir tampil di ajang Formula One (F1) pada balapan GP Jerman, 31 Juli 2016. Setelah itu tim Manor Racing memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan Rio setelah gagal memenuhi pembayaran sisa kontrak. (har/jun)