Amerika Serikat Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018

Jun Mahares, CNN Indonesia | Rabu, 11/10/2017 11:59 WIB
Amerika Serikat Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018 Kekalahan dari tim juru kunci, Trinidad and Tobago, membuat Amerika Serikat gagal lolos ke Piala Dunia 2018. (REUTERS/Andrea de Silva)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hasil mengejutkan datang dari Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Amerika Utara atau CONCACAF. Tim favorit, Amerika Serikat (AS), gagal berangkat ke Rusia setelah kalah 1-2 dari Trinidad dan Tobago, Rabu (11/10).

Kekalahan dari Trinidan dan Tobago membuat The Yanks melorot ke peringkat kelima klasemen akhir dengan torehan 12 poin. Kegagalan membuat rekor timnas AS selalu lolos ke Piala Dunia sejak 1990 terhenti.

Skuat arahan Bruce Arena sejatinya hanya butuh satu poin untuk mengamankan jatah play-off zona CONCACAF. Namun, mereka justru menemui ajal dari tim juru kunci, Trinidad.


Amerika Serikat secara mengejutkan kalah 1-2 dari tim juru kunci, Trinidad dan Tobago, pada laga pamungkas kualifikasi Zona CONCACAF.Amerika Serikat secara mengejutkan kalah 1-2 dari tim juru kunci, Trinidad dan Tobago, pada laga pamungkas kualifikasi Zona CONCACAF. (REUTERS/Andrea de Silva)
Tiga tiket otomatis diraih oleh Meksiko, Kosta Rika, dan Panama. Sementara jatah babak play-off diambil timnas Honduras yang unggul satu angka dari Amerika Serikat.

Panama dan Honduras berhasil melewati AS untuk merangkak ke posisi ketiga dan keempat klasemen akhir setelah berhasil mendulang kemenangan di laga pamungkas.
Honduras melaju ke babak play-off Piala Dunia 2018, usai mengalahkan Meksiko.Honduras melaju ke babak play-off Piala Dunia 2018, usai mengalahkan Meksiko. (REUTERS/Jorge Cabrera)
Panama sukses menaklukkan Kosta Rika 2-1, sementara Honduras berhasil mengalahkan pemuncak klasemen Meksiko dengan skor 3-2.

Kemenangan di laga pamungkas membuat Panama dan Honduras merangkak ke posisi ketiga dan keempat dengan catatan 13 poin, unggul satu poin dari AS.

Hasil ini menjadi pukulan telak bagi AS yang tak bisa meneruskan catatan apik selalu lolos ke Piala Dunia sejak 1990.

Selanjutnya timnas Honduras akan menghadapi timnas Australia pada babak playoff, 6 dan 14 November mendatang.