Cerita Bejo di Balik Nama Rachmat Irianto, Bek Timnas U-19

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Kamis, 12/10/2017 07:40 WIB
Bejo Sugiantoro punya cerita menarik memberikan nama putra sulungnya, penggawa Timnas Indonesia U-19, Rachmat Irianto. Bejo Sugiantoro punya cerita tersendiri menamakan putranya, bek Timnas Indonesia U-19, Rachmat Irianto (kiri). (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda Timnas Indonesia Bejo Sugiantoro punya cerita khusus memberikan nama sang anak Rachmat Irianto, bek Timnas Indonesua U-19. Salah satunya karena kedekatannya dengan mendiang Eri Irianto mantan rekan setim juga sahabat Bejo selama menjajaki dunia sepak bola.

Rachmat Irianto yang akrab disapa Rian itu salah satu andalan Timnas U-19. Posisinya menjaga lini pertahanan Garuda Nusantara, persis seperti yang dilakoni sang ayah saat masih menjadi bagian dari skuat Merah Putih dulu.

Rian merupakan sulung dari tiga anak hasil pernikahannya dengan Rachmawati. Rian lahir di Surabaya, 3 Oktober 1999 atau setahun setelah pernikahan Bejo dengan Rachmawati.

Tersimpan orang-orang penting dalam hidup Bejo Sugiantoro dalam nama putranya, Rachmat Irianto. (Tersimpan orang-orang penting dalam hidup Bejo Sugiantoro dalam nama putranya, Rachmat Irianto. (CNNIndones/Arby Rahmat Putratama)
"Mungkin (nama Rahmat Irianto) bisa juga diartikan dengan kedekatan saya dengan almarhum Eri Irianto karena kan saya sahabatnya.

"Eri meninggal pada 2000 dan anak saya lahir 1999. Setahun itu Eri juga dekat dengan Rian, kalau ke rumah itu dia suka gendong-gendong Rian," ungkap Bejo kepada CNNIndonesia.com, Rabu (11/10).
Bejo Sugiantoro tengah mengikuti kursus kepelatihan Lisensi B AFC di Sawangan, Oktober ini. (Bejo Sugiantoro tengah mengikuti kursus kepelatihan Lisensi B AFC di Sawangan, Oktober ini. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Eri Irianto meninggal pada 3 April 2000 di RSUD Dr. Soetomo Ia terkena serangan jantung di lapangan saat membela Persebaya melawan PSIM Yogyakarta di Stadion Gelora 10 November.

Selain itu, sebenarnya bukan kedekatan dengan Eri Irianto saja yang membuat Bejo memberikan nama anaknya Rachmat Irianto.


"Irianto itu (juga) gabungan penggalan huruf nama ibu dan bapak mertua saya dan ada nama saya juga," beber Bejo yang pernah menjabat sebagai pelatih Persik Kediri itu.

Nama ibu mertua Bejo yakni Iin Iriana dan nama bapak mertuanya, Toha Rahman. "Maksudnya biar nama kakek-neneknya tertampung di belakang," akunya.

Kini, Rian mulai mengikuti jejak sang ayah di dunia sepak bola nasional. Masuk di Timnas U-19, Rian juga selalu apik memainkan perannya menjaga pertahanan Indonesia di tiap perandingan.

Bejo mengaku bangga dengan performa anaknya di bawah pelatih Indra Sjafri itu. Meskipun diakuinya, banyak hal yang harus diperbaiki Rian untuk bisa tampil lebih baik lagi ke depannya. (bac)