'Mbappe Lebih Profesional daripada Messi'

Ahmad Bachrain , CNN Indonesia | Jumat, 13/10/2017 00:09 WIB
'Mbappe Lebih Profesional daripada Messi' Kylian Mbappe dinilai Ludovic Giuly lebih profesional dibanding Lionel Messi saat sama-sama berusia muda. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pemain Barcelona, Ludovic Giuly, mengungkapkan perbedaan Lionel Messi dan Kylian Mbappe di awal karier mereka bersama klub profesional.

Giuly yang pernah menjadi rekan setim Messi di Barcelona menilai Mbappe lebih profesional dibandingkan Messi saat sama-sama baru merintis karier di klub.

Mbappe bergabung bersama Paris Saint Germain dari AS Monaco pada usia 18 tahun dengan nilai transfer, ‎€180 juta (setara Rp2,8 triliun).

"Mbappe lebih profesional dibandingkan Messi pada usia yang sama. Ia tahu bagaimana menangani tubuhnya lebih baik," ujar Giuly dikutip dari Le Parisien.
Kylian Mbappe dinilai sangat paham menjaga tubuhnya sehingga jarang mengalami sakit. (Kylian Mbappe dinilai sangat paham menjaga tubuhnya sehingga jarang mengalami sakit. (REUTERS/Charles Platiau)
Mantan pemain yang juga pernah merumput bersama Paris Saing Germain itu juga mengatakan, Mbappe hampir tak pernah mengalami masalah kesehatan.
"Leo (Messi) memiliki banyak persoalan kesehatan ketika masih masa pertumbuhan. Itu amat sulit baginya."

"Kylian (Mbappe) memiliki keuntungan untuk mengenal dirinya lebih baik dan mengembalikan kebugarannya lebih baik," terang Giuly.

Lionel Messi disebut Ludovic Giuly kerap mengalami persoalan kesehatan selama masih muda. (Lionel Messi disebut Ludovic Giuly kerap mengalami persoalan kesehatan selama masih muda. (REUTERS/Albert Gea)
Giuly yang pernah bermain bersama Barca pada 2004 sampai 2007, juga ikut mengamati perkembangan Messi di La Massia hingga menjadi bintang.

"Klub (Barcelona) menjauhkan dirinya (Messi) dari sorotan publik selama dua tahun dan ia baru muncul di panggung Barcelona pada 17 tahun."

"Hal yang sama dengan Kylian. Ia punya potensi luar biasa. Ia punya segalanya untuk menjadi pemain hebat. Ia sangat profesional dan memiliki mentalitas bagus. Ia membuat keputusan tepat bergabung bersama PSG untuk berkembang."