Sistem Rem Motor Valentino Rossi Sudah Berubah Sejak Lama

Nova Arifianto , CNN Indonesia | Jumat, 13/10/2017 04:50 WIB
Sistem Rem Motor Valentino Rossi Sudah Berubah Sejak Lama Perubahan pengendali rem di motor Valentino Rossi telah terjadi sejak menjelang pertengahan musim 2017. (AFP PHOTO / JOE KLAMAR)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keberadaan perangkat pengendali rem di bagian setang motor membantu performa Valentino Rossi di GP Aragon lalu, saat ia kembali ke lintasan setelah mengalami patah kaki 20 hari sebelumnya.

Tapi ternyata Rossi telah mengubah kontrol rem belakang dari kaki kanan ke ibu jari tangan kiri sejak menjelang pertengahan musim lalu.


"Saya telah menggunakannya sebelum ada masalah [cedera kaki]. Tidak dari awal musim, tetapi setelah lima atau enam balapan saya rasa," ucap Rossi seperti dikutip dari crash.net.

"Buat saya, yang mengalami masalah [cedera kaki], keberadaan rem sangat membantu. Dan itu adalah sesuatu yang dapat membantu secara keseluruhan," sambungnya.

Valentino Rossi kembali ke lintasan hanya 20 hari setelah mengalami cedera patah tulang kering kaki kanan.Valentino Rossi kembali ke lintasan hanya 20 hari setelah mengalami cedera patah tulang kering kaki kanan. (AFP PHOTO / JAVIER SORIANO)
Setelah balapan di GP Aragon, Rossi juga mengakui pemindahan pengendali rem membantunya meminimalisir penggunaan kaki kanan.

Pada akhir Agustus, Rossi mengalami cedera patah kaki kanan di dua lokasi setelah mengalami kecelakaan yang dialami dalam latihan motocross enduro.


Awalnya pebalap gaek asal Italia itu diprediksi baru bisa kembali turun balapan di GP Jepang yang akan berlangsung akhir pekan ini. Namun Rossi membuat kejutan dengan kesiapannya tampil di Aragon.

Pada balapan yang berlangsung 24 September lalu, Rossi sempat bersaing memperebutkan posisi terdepan sebelum akhirnya menempati peringkat kelima.