Daftar Aksi Penyelamatan Nyawa Pesepakbola di Lapangan

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Selasa, 17/10/2017 12:03 WIB
Daftar Aksi Penyelamatan Nyawa Pesepakbola di Lapangan Nyawa Fernando Torres sempat terancam setelah mengalami benturan kepala di La Liga musim 2016/2017. (REUTERS/Miguel Vidal)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang memiliki risiko cukup tinggi karena memungkinkan terjadinya kontak fisik antaratlet dalam suatu pertandingan.

Cedera hingga hilang nyawa merupakan risiko yang harus ditanggung para atlet. Beberapa pesepak bola pernah mengalami kondisi kritis di lapangan. Sebagian di antaranya berhasil diselamatkan oleh pemain lain, rekan atau lawan yang ia hadapi.

Musim lalu, Fernando Torres mengalami cedera yang mengerikan. Ketika Atletico Madrid bertemu Deportivo La Coruna, Torres beradu kepala dengan Alex Bergantinos yang membuat mantan pemain Liverpool itu jatuh dengan posisi kepala lebih dulu menyentuh tanah.


Sime Vrsjalko dan Gabi Fernandez dengan sigap langsung mengambil tindakan pertolongan sebelum akhirnya tim medis datang. Torres yang baru sadar ketika di dalam ambulans kemudian menjalani perawatan singkat tanpa perlu menginap di rumah sakit.
Fernando Torres pernah mengalami situasi kritis di atas lapangan.Fernando Torres pernah mengalami situasi kritis di atas lapangan ketika membela Atletico Madrid pada musim lalu. (AFP PHOTO / MIGUEL RIOPA)
Dalam laga Liga Ukraina pada tahun 2014. Pemain Dynamo Kiev, Oleg Gusev, terjatuh tak sadarkan diri setelah kepalanya membentur kaki kiper Dnipro Dnipropetrovsk, Denis Boiko,

Gusev yang tidak berdaya mendapat pertolongan pertama dari gelandang Dnipro, Jaba Kankava. Berada di dekat Gusev, Kankava langsung berusaha mengeluarkan lidah agar tidak tertelan dan sekaligus membuka pernapasan.
Jaba Kankava pernah menyelamatkan nyawa Oleg Gusev dalam laga Liga Ukraina tahun 2014.Jaba Kankava pernah menyelamatkan nyawa Oleg Gusev dalam laga Liga Ukraina tahun 2014. (AFP PHOTO / VALERY HACHE)
Nyawa Gusev bisa diselamatkan. Setelah tim medis masuk, Gusev sempat berdiri dan dilarikan ke rumah sakit. Gusev diberitakan menderita gegar otak dan mengalami patah tulang rahang serta kehilangan gigi.

Di kawasan Asia, kejadian benturan antarpemain yang hampir menewaskan pemain terjadi di Liga Korea pada akhir 2013. Mauricio Molina yang bermain di FC Seoul, jatuh di kotak penalti lawan karena tertinju kiper Busan Gi-Yong Kim.

Mata Molina terlihat sempat terpejam selama beberapa detik. Beberapa rekan setimnya kemudian memberikan pertolongan dengan berusaha membuka mulut dan mengeluarkan lidah pemain asal Kolombia itu. Beberapa saat kemudian Molina mampu bangkit dan berjalan ke luar lapangan.

Di Major League Soccer Amerika Serikat (MLS) tahun lalu, pemain Chicago Fire Razvan Cocis bertindak cepat setelah melihat penyerang Whitecaps Masato Kudo mengeluarkan darah dari mulut setelah bertabrakan dengan kiper Matt Lampson.

Cocis menahan lidah Kudo agar tak tertelan dan menghalangi suplai oksigen. Kudo dapat diselamatkan dan harus menjalani operasi karena mengalami patah tulang rahang. (har)