100 Gol Lionel Messi: 82 Kaki Kiri, 14 Kanan, 4 Sundulan

Bowie Haryanto , CNN Indonesia | Kamis, 19/10/2017 10:42 WIB
100 Gol Lionel Messi: 82 Kaki Kiri, 14 Kanan, 4 Sundulan Lionel Messi sukses mencetak dua gol ke gawang Olympiakos. (REUTERS/Albert Gea)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyerang Barcelona Lionel Messi menorehkan gol ke-100 di kompetisi klub Eropa setelah satu kali membobol Olympiakos pada pertandingan Grup D Liga Champions di Stadion Camp Nou, Rabu (18/10) malam waktu setempat.

Dikutip dari Opta, dari 100 gol yang sudah dicetak Messi, 97 gol di antaranya terjadi di ajang Liga Champions. Sementara tiga gol sisanya diciptakan pemain asal Argentina itu di ajang Piala Super Eropa.

Dari 100 gol tersebut, kaki kiri Messi masih menjadi yang paling berbahaya. Pasalnya, Messi mencetak 82 gol menggunakan kaki kiri, disusul 14 gol menggunakan kaki kanan, dan hanya empat gol sundulan.
Lionel Messi mencetak dua gol ketika Barcelona mengalahkan Olympiakos 3-1.Lionel Messi mencetak dua gol ketika Barcelona mengalahkan Olympiakos 3-1. (REUTERS/Albert Gea)
Total Messi mencetak 11 tendangan penalti, 16 gol lewat tendangan dari luar kotak penalti, dan lima gol tercipta melalui tendangan bebas langsung.

Dengan torehan 97 gol di Liga Champions, Messi kini masih menduduki peringkat kedua pemain paling subur di kompetisi klub kasta tertinggi di Eropa tersebut. Messi masih kalah 13 gol dari bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo.
Lionel Messi hanya kalah gol dari Cristiano Ronaldo di kompetisi klub Eropa.Lionel Messi hanya kalah gol dari Cristiano Ronaldo di kompetisi klub Eropa. (REUTERS/Ivan Alvarado)
Ronaldo sendiri sudah mencetak 112 gol di kompetisi klub Eropa, dengan 110 gol di Liga Champions dan dua di Piala Super Eropa.

Menariknya, hingga kini hanya Ronaldo dan Messi sebagai dua pesepakbola yang mampu mencetak 100 gol atau lebih di kompetisi klub Eropa. Ronaldo sendiri sudah mencetak gol di kompetisi Eropa sejak 2003, dengan Messi melakukannya dua tahun kemudian.

Barcelona sendiri saat ini berada di puncak klasemen Grup D Liga Champions dengan torehan sembilan gol, disusul oleh Juventus dengan enam poin yang pada pertandingan lainnya mengalahkan Sporting Lisbon 2-1.