Renovasi Stadion GBK Rampung Bulan Depan

Arby Rahmat , CNN Indonesia | Jumat, 20/10/2017 16:48 WIB
Renovasi Stadion GBK Rampung Bulan Depan Renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) sudah mencapai 90 persen. (CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) terus bersolek menjelang Asian Games 2018. Proses renovasi stadion terbesar di Asia Tenggara tersebut kini sudah mencapai 90 persen dan ditargetkan rampung pada November 2017.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani ketika meninjau kawasan GBK pada Jumat (20/8) pagi.

"Perkembangan renovasi sekarang sudah 90 persen. Sepuluh persen lagi itu tinggal tiang-tiang, kursi, VIP area yang bisa menampung kebutuhan tiga ribu orang. Fasilitas publik seperti toilet kurang lebih ada 120," kata Puan.

Renovasi Stadion GBK Rampung Bulan DepanMenko PMK Puan Maharani meninjau kawasan GBK pada Jumat (20/8) pagi. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
"Hal-hal kecil itu harus dicek dengan detail. Dan Insya Allah kami semua komitmen untuk hal tersebut," katanya menambahkan.

Puan didampingi Ketua Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, dan Ketua KONI Tono Suratman, dan sejumlah pemangku kepentingan lainnya.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, penampakan SUGBK tampak lebih segar. Tempat duduk di tribune dengan sistem single seat atau bangku tunggal sudah terpasang. Lintasan lari dan rumput juga dipermak jadi lebih cantik.

Sementara untuk pengeras suara di SUGBK pun tak terdengar mendengung atau pecah. Akan tetapi kapasitas yang semula bisa mencapai 90 ribu penonton, kini hanya dapat menampung 76 ribu orang saja.

Stadion Utama GBK direncanakan bakal jadi venue pembuka dan penutup Asian Games 2018/Stadion Utama GBK direncanakan bakal jadi venue pembuka dan penutup Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
"November ini, SUGBK secara fisik selesai, sehingga bisa digunakan untuk test event pada Februari 2018. Sementara akses untuk disabilitas juga sudah difasilitasi," ucap Puan.

Selain SUGBK, Puan beserta rombongan juga mengunjungi Stadion Basket, Stadion Madya, dan lapangan tenis indoor.

"Lapangan basket sudah standar internasional dan tidak ada masalah yang berarti. Tenis indoor bisa digunakan multifungsi, bukan hanya olahraga tapi acara lain seperti kesenian, musik, dan lain-lain," ujar Puan.