Indra Sjafri Harap Agen Bawa Egy Maulana Jadi Profesional

Titi Fajriyah , CNN Indonesia | Jumat, 20/10/2017 17:34 WIB
Indra Sjafri Harap Agen Bawa Egy Maulana Jadi Profesional Egy Maulana Vikri kini didampingi agen Duzan Bogdanovic untuk menuju jenjang profesional. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, angkat bicara soal penunjukkan agen internasional untuk Egy Maulana Vikri. Ia berharap agen yang ditunjuk bisa menata pemain ke level profesional.

Sebelumnya, Kemenpora secara resmi menunjuk Duzan Bogdanovic sebagai agen untuk Egy Maulana. Kontrak perjanjian kerja sama itu pun diteken pada Kamis (19/10) malam.

"Itu (penunjukkan agen) urusan internal pemain. Agen harus bisa menata pemain dari sisi nonteknis dan menjaga kebugaran pemain dan performanya (seperti pemain profesional)," kata Indra Sjafri kepada CNNIndonesia.com, Jumat (20/10).

Egy Maulana Vikri menjadi sorotan setelah tampil apik bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2017.Egy Maulana Vikri menjadi sorotan setelah tampil apik bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2017. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Indra juga berharap Egy bisa menjaga diri dari godaan banyak pihak yang ingin mendompleng popularitasnya. Terpenting adalah fokus meningkatkan kualitas bukan pamor sebagai pemain bintang.

Egy sendiri masih terdaftar dalam Pusat Pendidikan dan Latihan Pelatihan (PPLP) DKI Jakarta yang berbasis di Ragunan, Jakarta Selatan. Pusat pendidikan ini masih di bawah kontrol Kemenpora.

Kemenpora kemudian memilih Bogdanovic sebagai agen Egy. Nantinya si agen berfungsi sebagai jembatan komunikasi dengan klub-klub profesional termasuk dari Asia dan Eropa.

Deputi III Kemenpora Raden Isnanta mengatakan Bogdanovic bertugas menyeleksi klub-klub terbaik untuk Egy. Namun, keputusan tetap berada di tangan si pemain dan orangtuanya.

Pelatih Timnas Indonesia U-19 berharap agen pendamping Egy Maulana Vikri bisa bekerja profesional.Pelatih Timnas Indonesia U-19 berharap agen pendamping Egy Maulana Vikri bisa bekerja profesional. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Isnanta juga meminta Indra Sjafri tak perlu khawatir dengan keberadaan agen untuk Egy. Kehadiran Bogdanovic diyakini bisa membantu top scorer Piala AFF U-19 2017 itu ke jenjang profesional.

"Prinsipnya, kami dengan Coach Indra Sjafri itu senapas supaya Egy jangan salah arah ke depan. Tujuan akhirnya pasti untuk Merah Putih."

"Egy saat ini masuk timnas. Apapun, keputusan nanti dia akan tetap harus menomorsatukan timnas. Sisi lain kami juga mau Egy semakin bagus dan nanti juga untuk timnas," ujar Isnanta.


BACA JUGA