Lewis Hamilton Pimpin Start GP Amerika Serikat

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Minggu, 22/10/2017 05:33 WIB
Lewis Hamilton Pimpin Start GP Amerika Serikat Lewis Hamilton kembali membukukan catatan sebagai 'pole seater' pada balapan GP Amerika Serikat 2017. (AFP PHOTO / Emmanuel DUNAND)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lewis Hamilton akan memimpin start dalam balapan Formula 1 seri Amerika Serikat yang berlangsung di Sirkuit Amerika, Austin, Texas, Minggu (22/10) siang waktu setempat atau Senin (23/10) waktu Indonesia barat.

Hamilton, yang kini memimpin klasemen pebalap, memimpin sesi kualifikasi dengan catatan waktu terbaik. Pebalap tim Mercedes itu selalu menjadi yang tercepat dalam tiga sesi kualifikasi, sekaligus memastikan pole position ke-72 di sepanjang kariernya.

Pada sesi akhir, juara dunia tiga kali itu mencatat waktu satu menit 33,108 detik. Waktu yang ditorehkan Hamilton lebih cepat 0,239 detik ketimbang Sebastian Vettel yang menghuni posisi start kedua.
Lewis Hamilton membuka lebar peluang meraih gelar juara musim 2017.Lewis Hamilton membuka lebar peluang meraih gelar juara musim 2017 dengan memimpin start di GP Amerika Serikat. (REUTERS/Toru Hanai)
Persaingan Hamilton dan Vettel masih akan menyajikan duel sengit mengingat Hamilton berpeluang menjadi juara pada musim ini di GP Amerika Serikat, dengan beberapa syarat.


Jika Hamilton finis pertama dan Vettel berada di luar posisi lima besar atau Hamilton finis kedua dan Vettel mengakhiri lomba di luar zona 10 besar, maka pebalap asal Inggris itu akan memastikan gelar juara dunia yang keempat.
Sebastian Vettel masih bisa mengintip kans menjadi juara walau terpaut jarak yang cukup lebar dari Lewis Hamilton.Sebastian Vettel masih bisa mengintip kans menjadi juara walau terpaut jarak yang cukup lebar dari Lewis Hamilton. (REUTERS/Toru Hanai)
Seandainya skenario kemenangan Hamilton tidak terjadi di Amerika Serikat, persaingan menuju podium juara musim ini akan berlanjut dengan jarak yang masih menguntungkan bagi Hamilton.

Menyusul Hamilton dan Vettel, Valteri Bottas akan menghuni baris kedua bersama dengan Daniel Ricciardo. Keberadaan Bottas cukup penting untuk membantu rekan satu timnya, Hamilton menjadi juara dengan memecah konsentrasi Vettel.

Sementara tandem Vettel di Ferrari, Kimi Raikkonen, menghuni posisi start kelima atau di baris ketiga bersama Esteban Ocon. (nva)