Mantan Bek AC Milan Terpilih Menjadi Wali Kota

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Senin, 23/10/2017 02:32 WIB
Mantan Bek AC Milan Terpilih Menjadi Wali Kota Kakha Kaladze melanjutkan kiprah di dunia politik sebagai Wali Kota Tbilisi. (AFP PHOTO / DAMIEN MEYER)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pemain AC Milan asal Georgia, Kakhaber Kaladze, melanjutkan kiprah di dunia politik sebagai Wali Kota Tbilisi.

Mantan anggota Timnas Georgia itu memenangkan 51,1 persen suara dalam pemilihan yang berlangsung Sabtu (21/10). Kaladze mengalahkan saingan terberatnya, Zaal Udumashvili, yang merupakan mantan pembaca berita televisi.

Dalam kampanye sebelum pemilihan Kaladze menjanjikan penyelesaian masalah kemacetan dan memperhatikan masalah di bidang pendidikan serta kesehatan di ibu kota negara Georgia.


Kaladze mendapat dukungan dari pendiri Partai Impian Georgia sekaligus orang terkaya di Georgia, Bidzina Ivanishvili.
Setelah mundur dari jabatan menteri energi Georgia, Kakha Kaladze menjadi Wali Kota Tbilisi.Setelah mundur dari jabatan menteri energi Georgia, Kakha Kaladze menjadi Wali Kota Tbilisi. (REUTERS/David Mdzinarishvili)
Kaladze dan Ivanishvili telah menjalin hubungan yang cukup lama dengan Ivanishvili. Pada 2012, Kaladze pensiun dari lapangan hijau untuk berkampanye bersama Ivanishvili menentang presiden Georgia saat itu Mikheil Saakashvili.

Setelah Ivanashvili terpilih menjadi pemimpin Georgia, Kaladze diangkat menjadi menteri energi. Keberadaan pemilik dua gelar Liga Champions sebagai menteri energi mendapat respons negatif. Selain karena pengalaman yang minim di bidang energi, Kaladze juga dinilai sarat kepentingan karena memiliki saham di perusahaan Kala Capital yang bergerak di bidang energi.

Kaladze mundur dari jabatan menteri energi pada Juli lalu dan fokus pada pencalonan wali kota di daerah berpenduduk satu koma dua juta orang.