Jokowi: Dua Gelar dari Perancis Kado Indah Sumpah Pemuda

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Senin, 30/10/2017 17:07 WIB
Jokowi: Dua Gelar dari Perancis Kado Indah Sumpah Pemuda Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih gelar perdana di kejuaraan level Superseries. (AFP PHOTO / Thomas Samson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebulutangkis-pebulutangkis Indonesia kembali menunjukkan tajinya dalam kejuaraan bergengsi dunia. Dalam final Perancis Terbuka Superseries 2017, Minggu (29/10), bendera Merah Putih dua kali berkibar seiring kesuksesan dua wakil Indonesia.

Pasangan ganda putri yang belum lama diduetkan, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, meraih gelar Superseries perdana setelah menaklukkan pasangan asal Korea Selatan, Lee So-hee/Shin Sheung-chan, 21-17 dan 21-15.

Setelah Greysia/Apriyani sukses memenangi laga final perdana, duet kawakan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tampil pada partai final kedua yang berlangsung di Stade Pierre de Coubertin, Paris.


Sempat beberapa kali tertinggal, baik di gim pertama maupun gim kedua, Tontowi/Liliyana berhasil menumbangkan pasangan nomor satu dunia asal China Zheng Siwei/Chen Qingchen 22-20 dan 21-15.
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melakukan selebrasi setelah berhasil menjuarai turnamen Perancis Terbuka 2017.Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melakukan selebrasi setelah berhasil menjuarai turnamen Perancis Terbuka 2017. (AFP/Thomas Samson)


Kemenangan dua pasangan Indonesia mendapat sambutan meriah, termasuk dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dalam akun media sosial Facebook, Jokowi menyebut dua gelar dari Perancis sebagai kado yang indah untuk Sumpah Pemuda dan Indonesia.

"Perjuangan tak kenal lelah yang ditunjukkan putra-putri terbaik bangsa kita seakan menegaskan kedigdayaan Indonesia sebagai bangsa besar yang mampu bersaing. Mereka melupakan perbedaan latar belakang dan asal daerah, ego, usia, demi kejayaan Indonesia," tulis Jokowi.
Presiden Joko Widodo menyempatkan bermain bulu tangkis pada peringatan hari Sumpah Pemuda di Istana Bogor bersama atlet Pelatnas PBSI.Presiden Joko Widodo menyempatkan bermain bulu tangkis pada peringatan hari Sumpah Pemuda di Istana Bogor bersama atlet Pelatnas PBSI. (CNN Indonesia)
"Selamat Tontowi/Liliyana dan Greysia/Apriyani, juara French Open Super Series 2017. Gelar kalian adalah kado indah untuk Sumpah Pemuda. Kado yang indah untuk Indonesia," sambungnya

Dalam peringatan 89 tahun Sumpah Pemuda di Istana Bogor pada Sabtu (28/10) pagi, Jokowi berkesempatan beradu tanding bulutangkis dengan dua jago Indonesia, Gregoria Mariska yang merupakan juara tunggal putri dalam kejuaraan junior dan pengumpul empat gelar Superseries untuk Indonesia tahun ini, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

(har)