Kemenpora Gelar Pelatihan Wasit Bulutangkis Asian Games 2018

Bowie Haryanto, CNN Indonesia | Minggu, 05/11/2017 14:19 WIB
Kemenpora Gelar Pelatihan Wasit Bulutangkis Asian Games 2018 Kemenpora berharap banyak wasit bulutangkis Indonesia yang digunakan di Asian Games 2018.(dok/kemenpora.go.id)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kemenpora terus melakukan persiapan menghadapi Asian Games 2018. Teranyar Kemenpora menggelar Pelatihan Wasit Bulutangkis Appraisal Internasional yang digelar di Hotel Swiss Belin Manyar, Surabaya, 4-8 November 2017.

Acara pelatihan digelar Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga bekerjasama dengan PB PBSI. Diharapkan lewat pelatihan ini pelaksanaan cabang bulutangkis Asian Games dapat berjalan lancar dengan dukungan SDM yang sesuai kriteria Federasi Bulutangkis Internasional (BWF).

Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Marheny Dyah Kusumawati mengatakan Kemenpora berharap selain merebut medali emas bulu tangkis, tenaga teknis untuk bulutangkis Asian Games 2018 dapat didominasi para wasit dari Indonesia.


"Oleh karena itu melalui pelatihan ini diharapkan dapat dijaring kandidat untuk memperoleh licence international sehingga refresentatif untuk bertugas di Asian Games 2018," kata Marheni.
Bulutangkis akan jadi salah satu andalan Indonesia meraih medali emas di Asian Games 2018.Bulutangkis akan jadi salah satu andalan Indonesia meraih medali emas di Asian Games 2018. (Dok. Kemenpora)
Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan Yayan Rubaeni mengatakan kegiatan pelatihan diikuti 29 wasit bulutangkis dari 13 Provinsi yang merupakan hasil seleksi oleh PBSI.

"Peserta akan diberikan teori selama dua hari dan akan praktek sekaligus ujian pada turnamen Sirnas Premiere 2017 di Surabaya selama dua hari," kata Yayan.

Pihak PB PBSI sendiri melalui Ketua Bidang Turnamen dan Perwasitan Eddiyanto Sabarudin, mengapresiasi pelatihan yang difasilitasi oleh pihak Kemenpora.

"Hasil dari pelatihan ini peserta yang memenuhi kriteria kami siapkan untuk tenaga teknis wasit bulutangkis pada Asian Games 2018. Pada pelatihan ini juga kami bekerjasama dengan penyelenggaran turnamen sirnas premiere 2017 di Surabaya, sebagai ajang untuk praktek sekaligus seleksi appraisal internasional," ucap Eddiyanto. (har)