Fajar/Rian Kalah, Indonesia Tanpa Gelar di Bitburger GPG

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Senin, 06/11/2017 02:14 WIB
Fajar/Rian Kalah, Indonesia Tanpa Gelar di Bitburger GPG Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus puas duduk sebagai runner up di Bitburger GPG. (CNNINDONESIA/HESTIRIKA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus mengakui keunggulan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen di final Bitburger Grand Prix Gold, Minggu (5/11). Alhasil, Indonesia pun pulang tanpa gelar di turnamen ini.

Fajar/Rian yang jadi satu-satunya wakil di babak final sejatinya tampil cukup apik di awal laga. Mereka sempat unggul 11-9 saat interval gim pertama namun kemudian tersusul dan berbalik tertinggal 15-18. Kokohnya pertahanan Astrup/Rasmussen jadi kunci ganda Denmark tersebut merebut gim pertama dengan kemenangan 21-19.


Masuk ke gim kedua, Fajar/Rian mampu melesat dengan keunggulan 7-3 namun malah tertinggal 10-11 saat interval. Fajar/Rian terus tertinggal di paruh kedua gim kedua sebelum akhirnya sukses menyamakan kedudukan di angka 15-15. Momen genting ada di angka 19-19, tetapi serangan Fajar/Rian sukses berbuah dua poin beruntun yang membuat mereka menutup gim kedua dengan kemenangan 21-19.


Pada gim penentuan, pertarungan ketat terjadi antara kedua ganda tersebut. Sayangnya, setelah interval, Fajar/Rian dengan mudah kehilangan angka dan tertinggal 12-17 serta berlanjut ke match point pada angka 20-13 untuk ganda Denmark tersebut.

Dalam kondisi kritis, Fajar/Rian sempat menggagalkan lima match point lawan namun akhirnya serangan Astrup/Rasmussen menembus pertahanan mereka di kesempatan keenam. Pertandingan pun berakhir untuk kemenangan ganda Denmark tersebut, 21-19, 19-21, 21-18.


Empat pemenang di nomor lainnya adalah Rasmus Gemke (Denmark) di tunggal putra, Nitchaon Jindapol (Thailand) di tunggal putri, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand) di ganda putri, dan He Jiting/Du Yue (China) di nomor ganda campuran. (ptr)