West Ham United Pecat Slaven Bilic

Bowie Haryanto , CNN Indonesia | Senin, 06/11/2017 19:07 WIB
West Ham United Pecat Slaven Bilic Slaven Bilic melatih West Ham United selama 2,5 tahun. (REUTERS/John Sibley)
Jakarta, CNN Indonesia -- West Ham United resmi memecat Slaven Bilic dari kursi manajer tim, Senin (6/11), setelah The Hammers terpuruk di zona degradasi Liga Primer Inggris.

West Ham kini terpuruk di posisi 18 klasemen Liga Primer setelah kalah 1-4 dari Liverpool di Stadion Olimpiade London, Sabtu (4/11) malam waktu setempat. Itu adalah kekalahan keenam West Ham dari 11 pertandingan di Liga Primer musim ini.

“West Ham United bisa mengkonfirmasi kalau Slaven Bilic hari ini sudah meninggalkan posisinya di klub. Ketua dan dewan direksi West Ham United ingin mengucapkan terima kasih atas servis Bilic untuk 2,5 tahun terakhir,” demikian pernyataan resmi West Ham.
West Ham United terakhir dikalahkan Liverpool 1-4.West Ham United terakhir dikalahkan Liverpool 1-4. (REUTERS/Eddie Keogh)
“Klub percaya perlu dilakukan perubahan untuk mendapatkan langkah positif ke depannya. West Ham United bisa mengkonfirmasi kalau asisten Bilic, ikola Jurcevic, Edin Terzic, Julian Dicks dan Miljenko Rak juga meninggalkan klub,” sambung pernyataan resmi West Ham.

Bilic menjadi manajer West Ham pada Juni 2015. Di musim pertamanya, pelatih asal Kroasia itu membawa West Ham menduduki peringkat tujuh klasemen akhir. Sementara musim lalu West Ham berada di posisi 11.
Slaven Bilic membawa West Ham peringkat tujuh di musim pertamanya melatih.Slaven Bilic membawa West Ham peringkat tujuh di musim pertamanya melatih. (Reuters / Tony O'Brien)
Dikutip dari Opta, Bilic merupakan manajer dengan kemenangan rasio poin terbaik dalam sejarah West Ham, yakni 1,33 poin per pertandingan.

Mantan manajer Manchester United dan Everton, David Moyes, menjadi kandidat terkuat menggantikan peran Bilic. Moyes tidak melatih klub sejak meninggalkan Sunderland yang terdegradasi dari Liga Primer musim lalu.

West Ham sendiri baru akan kembali menjalani pertandingan saat melawan Watford pada lanjutan Liga Primer Inggris, 19 November mendatang. (bac)