Kemenpora Punya Hak Penuh Tentukan Cabor Asian Games

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Selasa, 07/11/2017 18:36 WIB
Kemenpora Punya Hak Penuh Tentukan Cabor Asian Games Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto (kiri) menegaskan pemilihan cabor prioritas di Asian Games 2018 merupakan kewenangan penuh Kemenpora. (Dok. Kemenpora)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kurang dari setahun, Asian Games 2018 bakal digelar. Namun, nomor-nomor pertandingan dari 40 cabang olahraga (cabor) belum juga dapat dipastikan.

Pemetaan cabor prioritas yang selama ini dipegang Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) juga belum diputuskan.

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto, menegaskan pihaknya memiliki hak dan kewenangan penuh untuk menentukan cabor mana saja yang jadi prioritas.

Sebelumnya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat sudah berkoordinasi dengan 40 cabor dalam menentukan prioritas.
Asian Games 2018 bakal digelar kurang dari setahun lagi. (Asian Games 2018 bakal digelar kurang dari setahun lagi. (ANTARA FOTO/ Wahyu Putro A)
Bahkan, KONI menyebut akan memberikan rekomendasi daftar nomor pertandingan yang dianggap berpotensi menyumbangkan medali buat Indonesia di Asian Games 2018.

“Kami tidak boleh tunduk dengan apa yang dikatakan KONI, mereka hanya memberikan saran dan masukan,” kata Gatot.


Menyoal kemungkinan perubahan cabor yang bakal dimainkan di Asian Games 2018, Gatot tidak menjawabnya secara gamblang. Ia hanya memastikan semua kewenangan saat ini ada di bawah Kemenpora.

Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) dalam lawatannya ke Jakarta beberapa waktu lalu mengatakan tidak akan ada perubahan dari 40 cabor yang telah ditetapkan sebelumnya. Namun, Indonesia berhak untuk mengubah kembali nomor pertandingan sesuai dengan strategi kemenangan sebagai tuan rumah.

“Ya pokoknya mohon diterjemahkan, kewenangan ada di Kemenpora. Penetapan prioritas ini ada di menteri, ya tetap Desember ini [selesai]. Itu nanti akan tertuang dalam petujuk teknis,” ujarnya. (bac)