Marquez: Dovizioso Pria Baik, Tapi Balapan Tak Kenal Teman

Ahmad Bachrain , CNN Indonesia | Rabu, 15/11/2017 06:39 WIB
Marquez: Dovizioso Pria Baik, Tapi Balapan Tak Kenal Teman Marc Marquez respek terhadap Andrea Dovizioso, tapi tak ada teman di trek. (Foto: AFP PHOTO / TOSHIFUMI KITAMURA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Marc Marquez mengatakan hubungannya dengan Andrea Dovizioso amat baik. Ia bahkan mengaku respek dengan determinasi tinggi pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, tersebut. Meski demikian, pebalap Spanyol itu menegaskan balapan tak mengenal teman.

Hanya Dovizioso, satu-satunya pebalap yang mampu memberikan tekanan kepadanya pada akhir seri MotoGP 2017. Marquez sendiri dinobatkan sebagai juara dunia setelah finis di peringkat ketiga MotoGP Valencia.

Sedangkan Dovizioso yang terus membuntuti di posisi kedua tak mampu menggagalkan kemenangan Marquez karena terjatuh saat balapan di Sirkuit Ricardo Tormo menyisakan lima lap lagi.

“Kami memiliki hubungan baik dengan Dovizioso dan dia adalah pria yang sangat baik. Tapi saat kami berada di trek, pertempuran ada di sana, di Austria, Motegi dan selama balapan. Hal itu normal,” ungkap Marquez dikutip dari Crash.

“Kami saling menghormati dan memiliki hubungan baik, tapi ketika Anda berada di trek, Anda akan berjuang untuk meraih keininan dan setiap pebalap ingin berada terdepan.”
Marc Marquez keluar sebagai juara dunia MotoGP 2017. (Marc Marquez keluar sebagai juara dunia MotoGP 2017. (AFP PHOTO / JOSE JORDAN)
Marquez juga memaklumi jika kerap ada percikan konflik di antara para pebalap selama bersaing berebut yang terbaik. Ia beranggapan, setiap pebalap punya isi kepala berbeda-beda dalam merespons situasi.

“Beberapa pebalap menerimanya lebih baik, sebagian lagi buruk, itu juga karena perbedaan karakter. Tapi saya mengerti, ini adalah balapan dan ketika helm sudah di kepala, Anda tidak memiliki teman.”

“Ketika Anda di luar trek, Anda boleh memiliki teman, tapi di dalam sirkuit, Anda harus berjuang mencapai tujuan Anda,” tegas Marquez.

Marquez sendiri berada pada posisi ketiga usai melakoni tes di Valencia pascabalapan. Ia berselisih 0,312 detik dari pebalap tercepat, Maverick Vinales di tes tersebut.

Sedangkan posisi kedua diraih Johann Zarco. Valentino Rossi berada di posisi keempat dengan perbedaan 0,330 detik dari Vinales. (bac)