Timnas Italia Ulangi Sejarah Kelam 60 Tahun Silam

Ahmad Bachrain , CNN Indonesia | Selasa, 14/11/2017 05:55 WIB
Timnas Italia Ulangi Sejarah Kelam 60 Tahun Silam Timnas Italia mengulangi sejarah kelam 60 tahun silam gagal ke Piala Dunia. (REUTERS/Max Rossi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nasib buruk tak bisa dihindari Timnas Italia. Skuat arahan Giampiero Ventura gagal ke Piala Dunia 2018.

Skuat Gli Azzurri kalah agregat 0-1 dari Timnas Swedia pada fase play-off kualifikasi zona Eropa. Kalah 0-1 di leg pertama, Gianluigi Buffon dan kawan-kawan ditahan imbang Swedia pada leg kedua di Stadion San Siro, Senin (13/11) malam waktu setempat.

Ini merupakan sejarah terkelam sepak bola Italia sejak 60 tahun silam. Ya, Gli Azzurri mengulangi pengalaman kelam 60 tahun silam. Mereka pernah absen di Piala Dunia 1958 karena gagal pada kualifikasi di zona Eropa pada 1957.

Saat itu Italia gagal lolos dari Grup 8 kualifikasi zona Eropa. Gli Azzurri hanya mampu berada pada posisi runner-up grup di bawah Irlandia Utara.

Terbagi dalam delapan grup, tim yang lolos ke Piala Dunia 1958 adalah juara masing-masing grup. Setiap grupnya hanya terdiri dari tiga tim. Di Grup 8 kala itu, Italia satu grup dengan Irlandia Utara dan Portugal.
Timnas Italia disingkirkan Swedia di fase play-off kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. (Timnas Italia disingkirkan Swedia di fase play-off kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. (REUTERS/Max Rossi)
Padahal, pada edisi Piala Dunia 1934 dan 1938, Timnas Italia sukses meraih trofi pesta sepak bola dunia tersebut.

Yang menarik, putaran final Piala Dunia 1958 digelar di Swedia yang notabene negara yang menyingkirkan Italia pada kualifikasi Piala Dunia 1958.

Berbeda dengan kualifikasi 1957, Italia tersingkir melalui fase play-off setelah kalah bersaing dengan Spanyol di putaran pertama atau fase grup. Italia hanya mampu berada di posisi runner-up Grup G atau masuk zona play-off.

Italia memang pernah absen pula pada Piala Dunia 1930, namun bukan karena gagal kualifikasi. Negara itu menarik diri dari keikutsertaan ajang sepak bola dunia tersebut. Di era itu juga belum dikenal sistem kualifikasi. (bac)
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Nasib Tragis Timnas Italia