Hamka Hamzah dan Markus Horison Ikut Kursus Lisensi C AFC

Jun Mahares, CNN Indonesia | Selasa, 21/11/2017 16:49 WIB
Hamka Hamzah dan Markus Horison Ikut Kursus Lisensi C AFC Sejumlah pesepakbola dan mantan pesepak bola nasional ikut kursus Lisensi C AFC. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah mantan pemain tim nasional Indonesia turut ambil bagian dalam kursus pelatih lisensi C AFC yang berlangsung di Sawangan, Depok. Beberapa di antaranya masih aktif bermain.

Kursus kepelatihan kali ini resmi dibuka oleh Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, sejak 18 November hingga 30 November 2017.

Dari total 24 peserta, terdapat nama-nama tenar seperti Jendri Pitoy, Markus Horison, Feri Rotinsulu, Arif Suyono, Zulkifli Syukur, Ambrizal, Maman Abdurrahman, Ade Suhendra, hingga Hamka Hamzah.


Hamkah Hamzah (kiri) kini masih aktif bermain di PSM Makassar.Hamkah Hamzah (kiri) kini masih aktif bermain di PSM Makassar. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Tak hanya melibatkan mantan pemain, kursus Lisensi C ini diikuti sejumlah pemain yang masih aktif. Hal ini bisa menambah generasi pelatih berkualitas yang selama ini masih minim.

Kursus ini juga diwarnai kurikulum pembinaan sepak bola Indonesia yang juga menjadi akar dari Filosofi sepak bola Indonesia (Filanesia). Mundari Karya ditunjuk sebagai instruktur didampingi Bambang Nurdiansyah dan Emral Abus sebagai mentornya.

"Saya berharap yang mengikuti kursus ini bisa menyerap pembelajaran dari kurikulum dengan baik, sebagai dasar dari pembentukan Filanesia," kata Danurwindo dalam rilis resmi PSSI yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (21/11).

"Dalam kursus ini pula kami turutkan buku pedoman kurikulum agar langsung menjadi duta Filanesia dan menerapkan sepulangnya dari sini," sambung Danurwindo.

Maman Abdurrahman menjadi salah satu calon peserta kursus lisensi C AFC yang masih aktif bermain.Maman Abdurrahman menjadi salah satu calon peserta kursus lisensi C AFC yang masih aktif bermain. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
PSSI memang tengah menggalakan kursus pelatih sejak awal tahun 2017. Program ini diharapkan bisa menambah jumlah dan kualitas pelatih di Indonesia.

Kursus kepelatihan ini dimulai dari level terbawah D Nasional hingga A AFC. Sebelumnya, kursus serupa digelar pada 20 Februari hingga 4 Maret dan 13 hingga 25 Mei 2017.

Daftar peserta kursus Lisensi C AFC:

1. Benyamin V B – PS TNI, eks pelatih kiper Timnas
2. Hermansyah – Madura United, eks pelatih kiper Timnas
3. Jandri Chriestian Pitoy – Perseka Kaimana, eks kiper Timnas
4. Markus Horison – eks kiper Timnas
6. Feri Rotinsulu –Sumsel, eks kiper Timnas
7. Ahmad Fauzi – Persija Jakarta
8. Barry Sidik
9. Rochmat Setiawan
10. Arif Suyono – Arema, eks Timnas
11. Zulkifli Syukur – PSM Makassar, eks Timnas
12. Ambrizal – Gresik United, eks Timnas
13. Hamka Hamzah – PSM Makassar, eks Timnas
14. Joko Kuspito – Eks Timnas
15. Sudana Sukri – Patriot, eks Timnas
16. Supardi – Persib Bandung, eks Timnas
17. Maman Abdurahman – Persija Jakarta, eks Timnas
18. Syamsudin Umar – PPLP Makassar, eks asisten pelatih Timnas
19. Zulkarnaini – Padang
20. Wawan Hermawan – Tangerang, eks Timnas
21. Tri Mur Vedhayanto – Semarang, eks Timnas
22. Muhammad Kurdinal – Balikpapan
23. Muhni
24. Ade Suhendra – Pesikad Depok (bac)