Rahmad Darmawan: Skuat Sriwijaya FC 80 Persen Sudah Terbentuk

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Sabtu, 25/11/2017 16:04 WIB
Rahmad Darmawan: Skuat Sriwijaya FC 80 Persen Sudah Terbentuk Rahmad Darmawan (kedua dari kanan) kembali menjadi pelatih Sriwijaya FC. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rahmad Darmawan kembali menangani Sriwijaya FC setelah bertualang menangani berbagai klub, tim nasional, dan kesebelasan asing.

Pelatih yang kerap disapa RD itu memutuskan kembali ke Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring lantaran mencari tantangan yang sudah tidak didapatnya di Malaysia.

Di Negeri Jiran, RD menolak tawaran kontrak sebagai pelatih T-Team yang menjadi klub pelapis Terengganu FA. Mantan pemain Timnas Indonesia itu akhirnya bernostalgia bersama tim Laskar Wong Kito.


"Buat saya beban adalah motivasi bekerja. Kemarin saya juga diminta bertahan di T-Team, tapi untuk feeder club. Tapi, karena bebannya tidak sepeti di tim utama, makanya saya tidak pertahankan," ucap RD.
Rahmad Darmawan yakin dapat berprestasi di Sriwijaya FC dengan dukungan manajemen dan pemain.Rahmad Darmawan yakin dapat berprestasi di Sriwijaya FC dengan dukungan manajemen dan pemain. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Mendongkrak prestasi Sriwijaya FC, yang musim lalu berada di peringkat ke-11 Liga 1, diakui RD bukan pekerjaan mudah. Namun, pelatih terbaik Copa Indonesia 2009 itu menilai mampu menjalani misi karena dukungan dari berbagai pihak.

"Kalau dibilang berat, ya berat. Tapi, saya percaya selama di kanan dan kiri ada pemain dan manajemen yang konsisten mau membangun tim menjadi lebih baik, beban itu tidak menjadi begitu berat," ucap RD.

Terkait perekrutan pemain, Rahmad memastikan skuat Sriwijaya FC untuk musim depan sudah 80 persen terbentuk.

“Boleh kami pastikan, pemain yang kami incar mayoritas 80 persen telah kami dapatkan. Mayoritas dari mereka juga sudah sepakat. Minggu depan mungkin sudah ada yang bisa dirilis,” ucap Rahmad.

Keyakinan RD membangun tim SFC dilandasi pengalamannya membesut tim tersebut pada 2007 hingga 2010 dan menghasilkan gelar juara liga dan Piala Indonesia.

"SFC menurut saya adalah tim yang mempunyai fasilitas yang sangat baik karena salah satu syarat membangun sebuah tim yang baik harus ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai," ucap RD. (nva)