Jordi Alba Soal Gol Hantu Messi: Kesalahan Wasit Fatal

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Senin, 27/11/2017 07:20 WIB
Jordi Alba Soal Gol Hantu Messi: Kesalahan Wasit Fatal Jordi Alba (kedua dari kanan) menilai wasit telah melakukan kesalahan fatal terkait gol hantu Lionel Messi. (AFP PHOTO / JOSE JORDAN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bek sayap Barcelona, Jordi Alba, menyelamatkan timnya dari kekalahan di markas Valencia, Satdion Mestalla, Minggu (26/11). Alba mencetak gol untuk menyamakan skor pada menit ke-82 setelah Barca sempat tertinggal 0-1.

Meski demikian, Jordi Alba mengaku tidak terlalu senang karena kontroversi gol hantu Lionel Messi. Ia beranggapan, Blaugrana seharusnya membawa pulang tiga poin jika gol rekannya itu disahkan wasit.

Alba lantas mengkritik keras pengamatan wasit dan asisten wasit yang sangat buruk sehingga tidak mengesahkan gol Messi.
Lionel Messi (kanan) memprotes keputusan wasit yang tidak mengesahkan golnya ke gawang Valencia. (Lionel Messi (kanan) memprotes keputusan wasit yang tidak mengesahkan golnya ke gawang Valencia. (AFP PHOTO / JOSE JORDAN)
"Pada akhirnya, hal yang amat penting bahwa kami mencetak gol, tapi wasit membuat kesalahan fatal [tidak melihat gol Messi]. Padahal, saya bisa melihatnya dari tengah," terang Alba dikutip dari Reuters.


Barcelona sebenarnya bisa saja unggul lebih dulu pada babak pertama. Kiper Valencia, Neto, melakukan kesalahan pada menit ke-30 ketika berusaha menahan tendangan Lionel Messi.
Bola terlihat sudah melewati garis gawang sebelum dibuang Neto, dan Messi pun kemudian melakukan selebrasi.

Wasit Ignacio Iglesias menganggap bola belum melewati garis dan pertandingan berlanjut. Padahal dalam tayangan ulang insiden terlihat dengan jelas bola sudah melewati garis gawang. Tak ayal, gol Messi dianggap seperti gol hantu.
Barcelona disebut Jordi Alba seharusnya menang lawang Valencia. (Barcelona disebut Jordi Alba seharusnya menang lawan Valencia. (AFP PHOTO / JOSE JORDAN)
"Kami mengamatinya lagi [melalui rekaman ulang video] pada saat istirahat tengah babak. Jelas sekali [masuk]."

"Anda boleh saja melakukan interpretasi atas pelanggaran tertentu, tapi momen seperti ini [gol Messi] seharusnya bisa terlihat," terang Alba.

Sebelumnya, pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, juga menyesalkan keputusan Ignacio terkait kontroversi gol hantu Messi. (bac)