Tak Ada Kontroversi Gol Hantu Messi Andai Diterapkan VAR

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Senin, 27/11/2017 08:02 WIB
Tak Ada Kontroversi Gol Hantu Messi Andai Diterapkan VAR Tak ada kontroversi gol hantu Lionel Messi andai sudah diterapkan VAR . (REUTERS/Heino Kalis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para pemain Barcelona boleh bernapas lega terhindar dari kekalahan di kandang Valencia di Stadion Mestalla, Minggu (26/11). Kedua tim bermain imbang 1-1. Namun, skuat Blaugrana tetap tak puas.

Pasalnya, keputusan wasit Ignacio Iglesias disebut menggagalkan kemenangan Barca. Iglesias tidak mengesahkan gol Lionel Messi sehinga ramai diperbincangkan soal gol hantu Messi tersebut karena keputusan kontroversial wasit.

Gol hantu Messi tentu tak akan terjadi andai La Liga Spanyol jika saja kompetisi kasta tertinggi di negeri Matador itu sudah menerapkan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

Sayangnya, VAR baru akan diterapkan di La Liga Spanyol musim depan. Penyesalan itu pula yang dilontarkan gelandang Blaugrana, Sergio Busquets.
Sergio Busquets menyayangkan keputusan wasit yang tidak mengesahkan gol Lionel Messi. (AFP PHOTO / JOSE JORDAN)Sergio Busquets menyayangkan keputusan wasit yang tidak mengesahkan gol Lionel Messi. (AFP PHOTO / JOSE JORDAN)
"Banyak hal yang mungkin tidak semuanya bisa dipecahkan lewat VAR, tapi saya harap penerapan itu bisa sangat membantu atas kontroversi seperti ini," terang Busquets dikutip dari Reuters.


"Itu merupakan sebuah evolusi yang kami butuhkan, sesuatu yang sangat dibutuhkan dan bukan hanya soal gol ini [gol hantu Messi]."

VAR merupakan teknologi tayangan ulang untuk membantu wasit melihat kejadian krusial di lapangan seperti pelanggaran, penalti, maupun gol. Wasit bisa menunda keputusan sebelum melihat VAR.

Busquets menilai seharusnya kompetisi berkualitas seperti La Liga sudah sejak awal menerapkan VAR. Dengan demikian, kontroversi semacam ini bisa diatasi.

"La Liga [Spanyol] memiliki pemain terbaik di dunia. Ini merupakan salah satu liga terbaik di dunia dan sudah sepatutnya memberlakukan teknologi terbaik."

"Gol tersebut jelas sekali sudah melewati garis gawang, tapi tak satu pun yang bisa dilihat wasit maupun asisten wasit," kata Busquets.
Lionel Messi bersikeras bahwa bola tendangannya sudah melewati garis gawang Valencia. (Lionel Messi bersikeras bahwa bola tendangannya sudah melewati garis gawang Valencia. (AFP PHOTO / JOSE JORDAN)
Barcelona sebenarnya bisa saja unggul lebih dulu pada babak pertama. Kiper Valencia, Neto, melakukan kesalahan pada menit ke-30 ketika berusaha menahan tendangan Lionel Messi.
Bola terlihat sudah melewati garis gawang sebelum dibuang Neto, dan Messi pun kemudian melakukan selebrasi.

Iglesias menganggap bola belum melewati garis dan pertandingan berlanjut. Padahal dalam tayangan ulang insiden terlihat dengan jelas bola sudah melewati garis gawang. Tak ayal, gol Messi dianggap seperti gol hantu. (bac)