Patung Baru Ronaldo di Museum Real Madrid Menuai Pujian

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Selasa, 28/11/2017 08:32 WIB
Patung Baru Ronaldo di Museum Real Madrid Menuai Pujian Patung baru Cristiano Ronaldo di museum Real Madrid menuai banyak pujian. (Reuters/Andrew Couldridge)
Jakarta, CNN Indonesia -- Museum Real Madrid kini menambah satu lagi patung Cristiano Ronaldo. Patung baru Ronaldo setengah badan atau boss itu pun kali ini menuai banyak pujian.

Pasalnya, patung yang menampilkan wajah Ronaldo tersebut jauh lebih mirip dengan wajah asli pemain bintang asal Portugal tersebut.

Beda halnya dengan patung sebelumnya di Bandara Madeira Portugal yang dibuat pada Maret 2017, banyak menuai kritikan bahkan bahan guyonan. Pasalnya, patung tersebut tampak jauh dari identik, bahkan terlihat kocak.


Dilansir dari AS.com, patung yang terbuat dari bahan perunggu itu di dua museum Madrid, El Prado dan Thyssen, merupakan hasil karya pematung asal Sevilla kelahiran Argentina, Jose Antonio Navarro Arteaga.



Sedangkan patung Ronaldo di Bandara Madeira yang terkenal menjadi bulan-bulanan kelakar itu dibuat oleh pematung Portugis, Emmanuel Santos.

Navarro Arteaga sendiri lebih dikenal dengan karya-karyanya yang bernuansa religius. Namun, ia juga pernah diminta membuat karya terkait olahraga seperti monumen fan Real Betis.

Bahan dasar patung terbaru Ronaldo sendiri terbuat dari tanah liat ditambah lapisan wax, kemudian dilapisi perunggu sebagai sentuhan akhir.
Museum Real Madrid menambah satu lagi koleksi patung setengah badan Cristiano Ronaldo. (Museum Real Madrid menambah satu lagi koleksi patung setengah badan Cristiano Ronaldo. (Reuters / Carl Recine)
Dengan demikian, detail-detail wajah patung Ronaldo terlihat amat mirip dengan wajah asli. Navarro Arteaga sendiri mengatakan mengambil contoh dari foto-foto wajah Ronaldo untuk mendapatkan detail ekspresi patung ciptaannya itu.

Sayangnya, Ronaldo justru tak menghadiri peresmian patung tersebut di museum Real Madrid. Begitu pula dengan Presiden Klub Madrid, Florentino Perez, tak hadir. (bac)