Lionel Messi dan Deret Gol Hantu Kontroversial

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Selasa, 28/11/2017 13:38 WIB
Lionel Messi dan Deret Gol Hantu Kontroversial Lionel Messi bukan pemain pertama yang dikecewakan oleh insiden gol hantu. (REUTERS/Heino Kalis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lionel Messi dan Barcelona mengalami kerugian saat mereka bertandang ke Stadion Mestalla, markas Valencia. Gol hantu seperti Messi bukanlah yang pertama dan selalu ada dua sisi di balik kejadian tersebut.

Bila Messi mendapat kerugian karena tendangannya yang sudah melewati garis gawang dianggap tidak gol, ada pula momen ketika bola yang seharusnya tidak gol malah jadi dianggap gol, dan ada juga momen abu-abu ketika bola benar-benar tidak diketahui pasti lewat-tidaknya di garis gawang.

Berikut sejumlah gol hantu yang pernah ada dalam sejarah sepak bola:


Geoff Hurst (Inggris vs Jerman Piala Dunia 1966)

Salah satu momen yang terus diperdebatkan sepanjang sejarah sepak bola. Tembakan Geoff Hurst dari jarak dekat mengenai mistar gawang dan kemudian keluar. Wasit memutuskan untuk mengesahkan gol tersebut.

Dengan teknologi penyiaran yang masih terbatas saat itu, momen ini terus diperdebatkan. Inggris akhirnya jadi juara Piala Dunia 1966 dengan mengaklahkan Jerman.

Luis Garcia (Liverpool vs Chelsea 2005)

Sebelum kesuksesan Liverpool menciptakan keajaiban di Istanbul dengan mengalahkan AC Milan di babak final, 'The Reds' menjalani babak semifinal dengan momen gol hantu Luis Garcia.

Dalam sebuah serangan, Milan Baros sukses menembus pertahanan Chelsea dan menendang bola. Kemelut kemudian tercipta dan Luis Garcia sukses menendang bola. Bola sempat menyentuh John Terry namun tetap bergulir ke gawang. Saat di mulut gawang, William Gallas menyapu bola keluar.

Wasit melihat hal itu sebagai gol dan Liverpool pun sukses lolos ke babak final.

Frank Lampard (Inggris vs Jerman Piala Dunia 2010)

Inggris menghadapi duel sengit lawan Jerman di perempat final Piala Dunia 2010. Inggris tertinggal lebih dulu lewat gol Miroslav Klose dan Lukas Podolski.

Inggris lalu coba mengejar dan sukses memperkecil kedudukan jadi 1-2 lewat gol Matthew Upson di menit ke-37. Setelah momen itu, Inggris terus mencari gol penyama kedudukan.
Frank Lampard Gol Frank Lampard ke gawang Timnas Jerman pernah tidak disahkan wasit. (AFP PHOTO / CARL DE SOUZA)
Frank Lampard melepaskan tendangan lob yang tak bisa dijangkau oleh Manuel Neuer. Bola mengenai mistar gawang dan melewati garis. Neuer lalu bereaksi menangkap bola yang memantul kepadanya.

Meski dalam tayangan ulang jelas terlihat, namun wasit tak mengesahkan gol yang bisa membuat kedudukan jadi 2-2. Pada akhirnya, Jerman menyudahi pertandingan dengan kemenangan 4-1.

Stefan Kiessling (Bayer Leverkusen vs Hoffenheim)

Kasus striker Bayer Leverkusen, Stefan Kiessling lawan Hoffenheim pada 2013 adalah sisi lain dari gol hantu. Sundulan Kiessling sejatinya tak masuk ke gawang namun justru disahkan wasit.

Kiessling menyambut umpan dengan sundulan kepalanya. Bola lalu melaju ke sisi kanan gawang, mengenai jaring, dan ajaibnya, masuk menembus ke dalam gawang.

Kiessling sempat memperlihatkan raut kecewa namun sejumlah rekan-rekannya kemudian merangkulnya memberikan ucapan selamat. Wasit Felix Brych pun mengesahkan gol tersebut diiringi protes dari pemain-pemain Hoffenheim.


Gabriel Torres (Panama vs Kosta Rika 2017)

Keberhasilan Panama mencetak sejarah lolos ke Piala Dunia diiringi oleh gol hantu yang diciptakan oleh Gabriel Torres. Gol Torres adalah gol pertama di laga yang berakhir dengan skor 2-1 untuk Panama tersebut.

Berawal dari sebuah sepak pojok, Torres yang berdiri di posisi tiang jauh sempat terjatuh namun akhirnya bisa menyundul bola di muka gawang. Bek Kosta Rika sempat menahan bola sebelum akhirnya bola bergulir keluar.

Momen ketika Gabriel Torres mencetak gol hantu di laga lawan Kosta Rika.Momen ketika Gabriel Torres mencetak gol hantu di laga lawan Kosta Rika. (Foto: AFP PHOTO / Bienvenido Velasco)
Pada momen tersebut, wasit Walter Lopez mengesahkan gol yang membuat Panama menyamakan kedudukan jadi 1-1. Gol kemenangan Panama tercipta di pengujung pertandingan oleh Roman Torres. (ptr)