Persebaya Juara, Nasib Alfredo Vera Justru Terancam

Jun Mahares & Arby Rahmat, CNN Indonesia | Rabu, 29/11/2017 09:35 WIB
Persebaya Juara, Nasib Alfredo Vera Justru Terancam Nasib Angel Alfredo Vera bersama Persebaya Surabaya musim depan dipertanyakan karena terbentur syarat lisensi kepelatihan. (CNN Indonesia/Jun Mahares)
Bandung, CNN Indonesia -- Persebaya Surabaya baru saja resmi menjuarai Liga 2 2017 dan otomatis promosi ke kasta tertinggi kompetisi sepak bola Indonesia musim depan. Namun, hasil positif ini bisa jadi mimpi buruk bagi sang pelatih, Agel Alfredo Vera.

Ya, jabatan kursi pelatih Afredo Vera kembali terancam. Pasalnya, ia tercatat tidak memiliki lisensi kepelatihan selevel A AFC atau minimal B UEFA sebagai syarat utama pelatih kepala di Liga 1.

Alasan ini pula yang membuat kontrak Alfredo diputus Persipura Jayapura sesaat sebelum kompetisi Liga 1 bergulir. Padahal sebelumnya ia sukses mengantar “Mutiara Hitam” juara Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.


Angel Alfredo Vera menjadi salah satu pelatih asal Amerika Latin yang terbentur syarat lisensi kepelatihan.Angel Alfredo Vera menjadi salah satu pelatih asal Amerika Latin yang terbentur syarat lisensi kepelatihan. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Kendati demikian, Alfredo optimistis bisa menjabat pelatih kepala Persebaya di Liga 1 musim depan. Namun, ia harus mengurus verifikasi dari CONMEBOL atau Asosiasi Federasi Sepak Bola Amerika Selatan.

“Saya pernah bicara soal ini dulu. Sekarang bukan masalah lisensi karena semua pelatih dari Amerika Latin punya lisensi yang sama,” kata Alfredo.

“Kalau tidak salah di CONMEBOL terkait verfifikasi. Kalau sudah pegang tim selama tiga musim jadi tak ada masalah lagi soal lisensi,” lanjut pelatih asal Argentina tersebut.

Alfredo memang belum punya pengalaman segudang di dunia kepelatihan. Prestasinya bersama Persegres Gresik pada ISL 2014 pun tak mentereng. Ia bahkan dipecat manajemen Persegres di akhir musim.
Angel Alfredo Vera (tengah) sukses mengantar Persebaya Surabaya juara Liga 2 2017. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)Angel Alfredo Vera (tengah) sukses mengantar Persebaya Surabaya juara Liga 2 2017. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Tetapi, Alfredo punya kepercayaan diri tinggi. Ia membuang rasa takut dan minder untuk bersaing dengan pelatih lokal atau asing yang lebih berpengalaman.

Prestasinya mengantar Persipura meraih trofi ISC 2016 sempat membuat Alfredo masuk daftar pelatih ternama di Indonesia. Sayang, pada awal 2017 ia harus menganggur karena dianggap belum memenuhi standar kepelatihan sesuai syarat yang diterapkan PSSI.

Kini, masa depan Alfredo bersama Persebaya di Liga 1 kembali dipertanyakan. Apakah lisensi yang dimiliki sudah setara dengan A AFC atau B UEFA sebagai syarat pelatih kepala di kompetisi teratas Liga Indonesia. (bac)


BACA JUGA