Alasan Persipura Rekrut Pelatih Asal Inggris

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Rabu, 06/12/2017 06:42 WIB
Alasan Persipura Rekrut Pelatih Asal Inggris Persipura memastikan sepakat mendatangkan Peter Butler sebagai pelatih baru. (AFP PHOTO / MONIRUL BHUIYAN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persipura Jayapura memastikan telah mencapai kata sepakat dengan Peter Butler merekut sebagai pelatih. Pihak klub tinggal menanti tanda tangan dari pelatih yang pernah menangani Persiba Balikpapan itu.

Ketua Umum Persipura, Benhur Tommy Mano, mengungkapkan alasan klubnya memilih pelatih asal Inggris itu untuk menangani Mutiara Hitam musim depan.

“Saya sudah ketemu langsung dengan calon pelatih Persipura Jayapura, beliau adalah Peter Butler, dari Inggris,” ujar Benhur seperti dikutip dari rilis resmi klub Persipura.


“Dia sudah punya pengalaman cukup banyak sebagai pelatih. Dia juga pernah di Indonesia beberapa tahun lalu, sempat menangani Persiba Balikpapan waktu itu.

Bukan hanya kemampuan taktik, kualitasnya dalam hal non-teknis, terutama dalam memahami kultur sepak bola di Indonesia jadi salah satu pertimbangan manajemen Mutiara Hitam. Terutama dalam hal pendekatan personal, Tommy Mano percaya Butler tak sulit beradaptasi.

Persipura Jayapura menjalin kesepakatan dengan Peter Butler. (Persipura Jayapura menjalin kesepakatan dengan Peter Butler. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)
“Beliau sudah cukup mengerti sepak bola Indonesia, bisa berbahasa Indonesia juga sehingga lebih mudah komunikasi [dengan para pemain dan staf pelatih Persipura],” kata Tommy Mano.

Sejauh ini Persipura mengakui baru menjalin kesepakatan secara informal dengan mantan pelatih Terengganu FA tersebut.

“Memang belum tandatangan kontrak, tetapi pembicaraan kita sudah di tahap sepakat, sehingga kontrak tinggal tunggu waktu dan sponsor saja.”

“Tadi coach Peter [Butler] sudah komitmen kepada saya bahwa beliau akan berusaha sebaik mungkin agar bisa membawa Persipura ke posisi terbaik untuk kompetisi musim depan. Beliau juga senang karena bisa menukangi Persipura Jayapura,” terang Tommy Mano.

Peter Butler pernah menangani Timnas Botswana pada periode 2014 hingga 2017. Setelah itu, ia sempat melatih klub Afrika Selatan, Platinum Star, pada 2017.

Saat ini, Persipura juga masih menunggu kepastian negosiasi dengan pihak sponsor utama, yakni Bank Papua dan PT Freeport Indonesia.

“Saya sangat berharap kami bisa didukung Rp10 Miliar dari Bank Papua dan Rp12 miliar dari Freeport, itu harapan saya. Kalau bisa dapat nilai itu, kami akan bisa bergerak leluasa di bursa transfer,” ucap Tommy Mano. (jun)