Indonesia Tuan Rumah Tujuh Kejuaraan Piala AFF pada 2018

Nova Arifianto , CNN Indonesia | Kamis, 07/12/2017 16:15 WIB
Indonesia Tuan Rumah Tujuh Kejuaraan Piala AFF pada 2018 Indonesia akan sibuk menggelar kejuaraan sepak bola dan futsal tingkat ASEAN pada tahun 2018. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah penyelenggaraan tujuh  kejuaraan sepak bola dan futsal level Asia Tenggara pada tahun 2018 dalam rapat dewan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) yang bersamaan dengan undangan Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) yang berlangsung di Tokyo , Jepang , Kamis (7/12) pagi waktu setempat.

Dikutip dari situs aseanfootball.org, Indonesia akan menggelar berbagai kejuaraan dari berbagai kelompok usia sejak Mei hingga November tahun depan.

Kejuaraan sepak bola yang dipastikan berlangsung di Indonesia adalah Piala AFF U-16 Wanita (Juni),  Piala AFF Wanita (21 Juni-4 Juli), Piala AFF U-19 (2-14 Juli), dan Piala AFF U-15 (29 Juli-11 Agustus).

Sedangkan perhelatan futsal yang akan digelar adalah Piala AFF Antarklub (1-10 Mei), dan Piala AFF (6-15 September).

Kejuaraan sepak bola pantai yang akan berlangsung pada Oktober hingga November juga dijadwalkan berlangsung di Indonesia.
Stadion Patriot Candrabhaga berpotensi menggelar pertandingan level Asia Tenggara pada 2018.Stadion Patriot Candrabhaga berpotensi menggelar pertandingan level Asia Tenggara pada 2018. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Sementara untuk Piala AFF senior pria akan menggunakan format baru seperti yang telah dibicarakan pada pertemuan Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara yang berlangsung di Bali pada September.

Piala AFF 2018 yang rencananya berlangsung 8 November hingga 15 Desember 2018 akan menggunakan sistem kandang dan tandang sejak babak penyisihan, sehingga tidak akan ada lagi sistem tuan rumah.

Sepuluh tim peserta akan dibagi ke dalam dua grup. Lima tim dari tiap grup akan menjalani dua laga kandang dan dua laga tandang. Penentuan kandang dan tandang akan ditentukan melalui undian.

Untuk fase semi final dan final, akan menggunakan format dua leg seperti yang sudah dilakukan sejak 2004. (ptr)