APC Senang Dengar Lagu Asian Para Games 2018

Titi Fajriyah , CNN Indonesia | Jumat, 08/12/2017 01:01 WIB
APC Senang Dengar Lagu Asian Para Games 2018 APC terkesima dengan lagu tema Asian Para Games 2018 yang berjudul Song of Victory. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Dubai, CNN Indonesia -- Untuk pertama kalinya anggota Asian Paralympic Committee (APC) mendengarkan theme song lagu resmi Asian Para Games (APG) 2018 dalam Coordination Commission Meeting (Corcom) keempat di Dubai, Kamis (7/12). Eksperesi APC langsung berubah senang ketika mendengarkan lagu tersebut.

Lagu berjudul Song of Victory itu dinyanyikan musisi Ario Wahab, dan diciptakan Ezra Lilypori khusus untuk Asian Para Games 2018.

Meski begitu, APC masih akan berdiskusi dengan para anggotanya dalam Executive Board Meeting untuk meminta persetujuan penuh terkait lagu tema APG 2018 itu. Rapat Dewan Eksekutif itu juga akan digelar di Dubai, 8-9 Desember 2017.

“Kami sangat menghargai lagu tema ini. Anggota Dewan Eksekutif APC kami juga pasti senang mendengar lagu ini,” kata Sekretaris Jenderal APC Tarek Souei di Dubai.
Presiden INAPGOC Raja Sapta Oktohari (kiri) berjabat tangan dengan perwakilan APG.Presiden INAPGOC Raja Sapta Oktohari (kiri) berjabat tangan dengan perwakilan APC. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Presiden Indonesia Asian Games Organizing Committee (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari menjelaskan, sejak awal pihaknya memang mencari lagu yang bisa mewakili beberapa unsur yang terkait APG, yakni inspiring, spirit, and energy of Asia.

Inspiring atau menginspirasi menggambarkan prestasi atlet para games yang bisa memberikan inspirasi kepada semua orang. Baik yang menyandang difabilitas maupun tidak, untuk bisa lebih berprestasi. Spirit menandakan semangat dan mental yang kuat dalam membangun karakter bangsa.
Pihak APG masih akan membahas lagu tema Asian Para Games 2018 ini dalam Rapat Dewan Eksekutif.Pihak APC masih akan membahas lagu tema Asian Para Games 2018 ini dalam Rapat Dewan Eksekutif. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Sedangkan energy, menggambarkan kekuatan yang ditampilkan dari sebuah proses yang tidak bisa instan. Ketiga unsur itu kental terasa dalam lagu tersebut tanpa melupakan unsur etnik atau budaya, klasik dan modern.

“Indonesia itu negara Asia yang masuk ke bagian kontinental. Ini maksudnya juga untuk membedakan Indonesia dengan kegiatan berskala nasional, regional, dan kontinental maupun internasional,” Okto menjelaskan.

Selain senang dengan lagu tema APG 2018, APC juga yakin Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang sukses untuk kegiatan tersebut. APC memastikan pihaknya bersedia membantu Indonesia dalam persiapan jelang APG 2018. (sry)


BACA JUGA