'Valentino Rossi Pebalap yang Sangat Berani'

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Minggu, 10/12/2017 17:36 WIB
'Valentino Rossi Pebalap yang Sangat Berani' Toni Elias menyebut Valentino Rossi sebagai rival terhebat. (AFP PHOTO / MOHD RASFAN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pebalap MotoGP, Toni Elias menyebut Valentino Rossi sebagai lawan yang paling berat yang pernah dihadapi olehnya.

Elias yang berkiprah di MotoGP pada dekade 2000-an mengakui dominasi Valentino Rossi di era tersebut. Elias menyebut Rossi sebagai lawan yang paling sulit ditaklukkan sepanjang kariernya.

"Ada banyak rival yang hebat, namun saya akan sebutkan dua di antaranya. Pertama, Manuel Poggiali yang sangat kuat dan sukses memenangkan titel juara dunia 125cc dan 250cc. Dia menunjukkan talentanya dan kemudian memilih pensiun."


"Namun di antara semuanya, yang terbaik tetaplah Rossi, yang pernah berhasil saya kalahkan di GP Portugal pada 2006 bersama Honda," ucap Elias seperti dikutip dari GPOne.

Satu-satunya kemenangan Elias di ajang MotoGP ada di Portugal 2006. Karena itu ia sangat puas pernah mengalahkan Rossi yang disebutnya pebalap terbaik sepanjang masa di balapan tersebut.

Valentino Rossi punya kemampuan membaca pergerakan lawan dengan baik.Valentino Rossi punya kemampuan membaca pergerakan lawan dengan baik. (Foto: CNN Indonesia/Putra Permata Tegar Idaman)
"Saya rasa Rossi adalah pebalap terhebat sepanjang masa. Dia bahkan lebih bagus dibandingkan Giacomo Agostini dan Angel Nieto."

"Dia punya determinasi yang tinggi dan sangat berani," tutur pria asal Spanyol ini.

Elias lalu menggambarkan kehebatan Rossi di lintasan.

"Valentino Rossi tahu pergerakan yang akan dilakukan oleh lawan, terutama di lap terakhir."

"Untuk bisa mengalahkan Rossi, seorang pebalap harus terus menyerangnya dari awal hingga finis, tanpa memberinya kesempatan untuk berpikir. Saya berhasil melakukan itu di Portugal namun saya butuh kerja yang sangat keras untuk mewujudkannya," ujar Elias. (ptr)


BACA JUGA