Sejarah Lahirnya Julukan Minions untuk Kevin/Marcus

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Selasa, 19/12/2017 16:02 WIB
Sejarah Lahirnya Julukan Minions untuk Kevin/Marcus Julukan Minions sudah melekat pada diri Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon. (Dok. Humas PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon jadi pebulutangkis terbaik di musim kompetisi 2017. Julukan 'Minions' pun makin mendunia bersama kehebatan mereka.

Seperti halnya 'King Smash' milik Liem Swie King, 'Si Bola Karet' milik Lius Pongoh, atau 'Red Devils' milik Manchester United, julukan 'Minions' sudah sah melekat pada sosok Kevin/Marcus.

Pencetus julukan tersebut adalah Stephanie Zen, seorang penggemar bulutangkis. Julukan Minions ternyata sudah diucapkan lama dan butuh jalan panjang untuk benar-benar tenar dan mendunia.


"Pertama kali saya melihat mereka main itu pada SEA Games 2015 dan saya langsung suka. Soalnya, ketika mereka bermain terlihat seru."

"Mereka cepat dan lincah sekali. Arah pukulan Kevin juga sulit ditebak," ucap Stephanie kepada CNNIndonesia.com.

Sekitar sebulan setelah aksi di SEA Games, Stephanie punya julukan untuk Kevin/Marcus yaitu 'Minions'. Saat itu Kevin/Marcus sedang tampil di ajang Taiwan Grand Prix Gold. Julukan itu diucapkan Stephanie pada 17 Juli 2015.

"Julukan itu terucap begitu saja. Karena melihat mereka main di lapangan, seolah memantul kesana-kemari, seperti Minions di film 'Despicable Me'yang sering heboh loncat-loncat."

"Selain itu, bila dibandingkan dengan pemain ganda putra lainnya, ukuran Kevin/Marcus juga terbilang 'mini'," kata Stephanie.

Saat pertama kali menjuluki Kevin/Marcus dengan sebutan 'Minions', belum banyak respons yang didapat oleh Stephanie.
Stephanie Zen mulai memberi julukan 'Minions' pada tahun 2015. (Dok. Humas PBSI)Stephanie Zen mulai memberi julukan 'Minions' pada tahun 2015. (Foto: Dok. Pribadi)
"Waktu pertama kali belum banyak yang merespons. Mulai banyak respons sepertinya sekitar September 2015 saat turnamen di Jepang dan Korea."

"Di akhir 2015, penampilan mereka mulai menanjak dan mencapai puncaknya saat menang super series pertama kali di India 2016. Setelah itu mereka juga menang di Australia dan China pada tahun 2016," ujar wanita yang juga merupakan penulis novel ini.

Stephanie sendiri pernah bertemu langsung dengan Kevin/Marcus setelah ia memberikan julukan Minions pada ganda putra nomor satu dunia itu.

"Pernah waktu itu ketemu dan dikenalkan teman saya ke Kevin/Marcus bahwa saya yang memberikan julukan Minions. Namun saat itu Kevin/Marcus sedang buru-buru dan hanya mengucapkan salam.
Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon mulai mencuri perhatian di akhir 2015.Foto: AFP / GIUSEPPE CACACE
Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon mulai mencuri perhatian di akhir 2015.
"Setelah itu saya juga sempat beberapa kali bertemu Kevin dan Marcus namun hanya berfoto bersama dan berdiskusi sebentar. Agak bingung juga kalau saya mau bilang lagi bahwa saya yang kasih julukan Minions," tutur Stephanie. (bac)