Indonesia Negara Penggila Sepak Bola Nomor Dua di Dunia

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Selasa, 19/12/2017 21:40 WIB
Indonesia Negara Penggila Sepak Bola Nomor Dua di Dunia Timnas Indonesia hampir selalu mendapat dukungan dari suporter Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak berlebihan jika Indonesia disebut negara penggila sepak bola. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Nielsen Sport, 77% penduduk Indonesia memiliki ketertarikan pada olahraga si kulit bulat, terutama ketika menyaksikan Timnas Indonesia berlaga.

Dalam hal persentase ketertarikan seluruh populasi negara pada sepak bola, Indonesia hanya kalah dari Nigeria. Sebanyak 83% penduduk negara yang memiliki timnas berjuluk Elang Super itu diklaim menyukai sepak bola.

Menurut riset dari sumber yang sama, Asia Tenggara merupakan salah satu kawasan 'gila bola'. Selain Indonesia, negara lain yang memiliki tingkat ketertarikan tinggi pada sepak bola adalah Thailand dan Malaysia.


Thailand berada di peringkat ketiga dengan 75% penduduk yang mengikuti sepak bola. Sedangkan Malaysia yang mendapat poin hingga 70% berada di peringkat keenam. Persentase itu mengalahkan negara-negara pengumpul gelar juara dunia, seperti Spanyol, Brasil, Italia, dan Jerman.
Kesebelasan-kesebelasan di Indonesia memiliki penggemar fanatik.Kesebelasan-kesebelasan di Indonesia memiliki penggemar fanatik. ( ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Menariknya, jumlah penduduk Indonesia yang tertarik dengan sepak bola tidak berbanding lurus dengan tingkat partisipasi para warganya yang turun ke lapangan dan memainkan olahraga tersebut. Tercatat hanya 17% penduduk Indonesia yang aktif bermain sepak bola, setidaknya satu pekan sekali. Kondisi itu menjadikan Indonesia ada pada urutan ke-22 dari 34 negara yang disurvei.

Nigeria menjadi negara dengan partisipasi tertinggi. Tercatat 65% penduduk negara tersebut memainkan olahraga yang memiliki kejuaraan bergengsi yang digelar empat tahun sekali.

Selain Nigeria, terdapat Mesir dan Afrika Selatan sebagai negara yang menempati posisi tiga besar pada tingkat partisipasi dalam sepak bola dengan angka di atas 40%.

Sementara Thailand tercatat sebagai negara Asia teratas yang penduduknya bermain sepak bola. Ada 41% dari populasi Negara Gajah Putih tersebut yang aktif bermain sepak bola setidaknya satu kali dalam satu minggu. (bac)