Ketika Ronaldo Dijadikan Simbol Perlawanan terhadap Israel

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Rabu, 20/12/2017 19:58 WIB
Ketika Ronaldo Dijadikan Simbol Perlawanan terhadap Israel Ketika Cristiano Ronaldi dijadikan sosok perlawanan terhadap Israel. (AFP PHOTO / FRANCISCO LEONG)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pernyataan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, langsung memicu kemarahan dunia. Protes keras juga dilayangkan sejumlah negara mayoritas muslim seperti Indonesia.

Beragam kemarahan ditumpahkan mulai dari demonstrasi hingga ramai di media sosial. Belakangan, nama Cristiano Ronaldo bahkan kembali ikut dibawa-bawa netizen, terutama warga Indonesia, untuk mengekspresikan aksi solidaritas terhadap Palestina.

Di media sosial macam Twitter, para netizen Indonesia kembali meramaikan aksi Ronaldo usai Timnas Portugal lawan Israel pernah menuai pujian orang-orang yang pro Palestina.

Dalam video rekaman itu, Ronaldo disebut-sebut menolak bertukar jersey dengan para pemain Israel. Padahal, laga itu merupakan pertandingan persahabatan empat tahun lalu, tepatnya pada 22 Maret 2013 di Stadion Ramat Gan, Israel.
Cristiano Ronaldo pernah membela Timnas Portugal melawan Timnas Israel di kualifikasi Piala Dunia 2014. (Cristiano Ronaldo pernah membela Timnas Portugal melawan Timnas Israel di kualifikasi Piala Dunia 2014. (AFP PHOTO / FRANCISCO LEONG)
Pada laga kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa fase grup tersebut, Israel mampu menahan imbang Portugal 3-3. Gol-gol Portugal dicetak Bruno Alves, Helder Postiga, dan Fabio Coentrao. Sedangkan gol Israel dilesakkan Tomer Hemed, Eden Ben Basat, dan Rami Gershon.


Pada rekaman video usai pertandingan tersebut salah satu bek Israel, Yuval Shpungin, tampak mendekati Ronaldo untuk meminta bertukar kaus. Namun, tak ada pertukaran jersey, hanya bincang-bincang singkat di lapangan.

Tak pelak, banyak yang menganggap memang Ronaldo sengaja menolak bertukar jersey dengan para pemain Israel. Pada tahun-tahun sebelumnya memang sempat ramai tentang penyerangan tentara Israel ke Palestina yang menuai kecaman dunia.

Ronaldo sendiri saat itu tidak memberikan komentar terkait tak adanya pertukaran jersey dengan salah satu pemain Timnas Israel tersebut.

Saat ini ketika para netizen Indonesia banyak yang mengecam pernyataan Donald Trump atas dukungannya terhadap Israel, cuplikan video Ronaldo usai laga lawan Israel kembali ramai diunggah.

Unggahan-unggahan itu pun disebut untuk dijadikan inspirasi sebagai aksi menolak produk-produk buatan Israel di Indonesia.

Salah satunya akun @virzazanur yang mengunggah video Ronaldo empat tahun lalu tersebut dan menulis: "Ini video Ronaldo tolak jersey sama Israel."

(har)