Tujuh Atlet Catur Israel Ditolak Masuk Arab Saudi

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Senin, 25/12/2017 10:12 WIB
Tujuh Atlet Catur Israel Ditolak Masuk Arab Saudi Ilustrasi permainan catur. (morgueFile/mconnors)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tujuh atlet catur asal Israel ditolak masuk Arab Saudi untuk mengikuti kejuaraan dunia catur cepat, 26-30 Desember 2017. Kondisi tersebut membuat pihak Federasi Catur Israel kecewa.

Dikutip dari Reuters, Wakil Presiden Federasi Catur Dunia (FIDE) Israel Gelfer mengatakan ketujuh atlet catur Israel itu tidak mendapatkan visa untuk masuk Arab Saudi meski terdaftar sebagai peserta kejuaraan dunia.

“Visa ketujuh atlet catur Israel tidak akan dikeluarkan,” ucap Gelfer kepada Reuters.


Pihak Komunikasi Internasional Arab Saudi menolak mengomentari tidak keluarnya visa tujuh pecatur Israel tersebut dan hanya mengatakan akan ada 180 atlet dari seluruh dunia yang mengikuti kejuaraan.
Arab Saudi tidak mengakui Israel sebagai sebuah negara.Arab Saudi tidak mengakui Israel sebagai sebuah negara. (Wikimedia Commons)
Juru bicara Federasi Catur Israel, Lior Aizenberg, mengatakan pihaknya sudah melakukan segala upaya untuk memastikan ketujuh pecatur Israel tersebut untuk masuk ke Arab Saudi dan mengikuti kejuaraan.

“Ajang ini tidak bisa disebut sebagai kejuaraan dunia jika mereka mencegah pecatur dari negara lain untuk ambil bagian,” ucap Aizenberg.

Lebih lanjut, Aizenberg berharap FIDE bisa memastikan seluruh atlet Israel bisa tampil di kejuaraan internasional. Aizenberg juga memastikan pihaknya mempertimbangkan semua opsi, termasuk menempuh jalur hukum dan membalas tindakan pihak Arab Saudi jika Israel menjadi tuan rumah kejuaraan catur.

“Setiap atlet catur seharusnya punya hak untuk berpartisipasi di kejuaraan dengan kriteria profesional, terlepas dari paspor dan tempat asal mereka,” ucap Aizenberg.

Kekhawatiran sejumlah atlet tidak bisa ambil bagian dalam kejuaraan dunia catur cepat di Arab Saudi sudah diungkapkan FIDE pada November 2017. Bulan lalu FIDE menyatakan akan melakukan semua cara untuk memastikan seluruh atlet bisa mendapatkan visa untuk bertanding di Arab Saudi. (har)