FOTO: Karier George Weah dari Pesepakbola Hingga Presiden

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 29/12/2017 19:22 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda timnas Liberia, George Weah, mencatatkan sejarah sebagai pesepakbola profesional pertama yang mampu menjadi presiden suatu negara.

Setelah berkarier di Afrika, George Weah memulai perjalanan sebagai pesepakbola di Eropa usai Arsene Wenger memboyongnya ke AS Monaco pada 1988. (AFP PHOTO / STAFF)
George Weah kemudian dibeli Paris Saint-Germain dari AS Monaco pada 1992 dan bertahan di klub Ibu Kota Perancis itu hingga 1995. (AFP PHOTO / JEAN-LOUP GAUTREAU)
Karier George Weah semakin meroket bersama AC Milan sepanjang 1995 hingga 2000. Weah bahkan merebut gelar pemain terbaik FIFA dan Ballon d'Or pada 1995. (AFP PHOTO / GERARD JULIEN)
George Weah memamerkan trofi Ballon d'Or ke pendukung AC Milan di San Siro pada 1995. Weah hingga saat ini menjadi satu-satunya pemain asal Afrika yang mampu merebut gelar tersebut. (AFP PHOTO / CARLO FERRARO)
George Weah sempat dipinjamkan AC Milan ke Chelsea pada 2000 dan kemudian dilepas ke Manchester City pada tahun yang sama. (AFP PHOTO / ADRIAN DENNIS)
Dari Manchester City, George Weah kemudian direkrut Olympique Marseille pada 2000, pindah ke Al Jazira pada 2001 dan pensiun pada 2003. (AFP PHOTO / GERARD JULIEN)
Di level sepak bola internasional, George Weah memperkuat timnas Liberia sepanjang 1987 hingga 2003 dan mencetak 22 gol dari 60 pertandingan. (AFP PHOTO / FRANCK FIFE)
George Weah mulai aktif menjadi calon Presiden Liberia pada 2005. Di usaha pertamanya Weah kalah dari Ellen Johnson Sirleaf setelah dianggap kurang berpengalaman di dunia politik. (AFP PHOTO / ISSOUF SANOGO)
Pada 2011, George Weah menjadi calon Wakil Presiden Liberia berpasangan dengan Winston Tubman (kanan). Weah dan Tubman kemudian kalah dari calon petahana Ellen Johnson Sirleaf. (AFP PHOTO / ISSOUF SANOGO)
George Weah akhirnya dipastikan menjadi Presiden Liberia terpilih pada Desember 2017 setelah mengalahkan Joseph Boakai. (AFP PHOTO / ISSOUF SANOGO)
George Weah mencatatkan sejarah baru sebagai pesepakbola profesional pertama yang mampu menjadi presiden sebuah negara. (AFP PHOTO / SEYLLOU)