10 Fakta Unik Sang Pesulap Buruan Barca, Philippe Coutinho

Ahmad Bachrain , CNN Indonesia | Kamis, 04/01/2018 09:05 WIB
10 Fakta Unik Sang Pesulap Buruan Barca, Philippe Coutinho 10 fakta unik tentang Sang Pesulap Liverpool, Philippe Coutinho. (Reuters/Carl Recine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Philippe Coutinho menjadi buah bibir, terutama di Inggris dan Spanyol. Kehebohan tersebut tak lain karena keinginan kuat Barcelona untuk menggaet bintang Brasil tersebut dari Liverpool.

Sempat bersikeras mempertahankan Coutinho, pihak The Reds dikabarkan mulai melunak dan bersedia menjalin negosiasi dengan Barca. Maklum, kompatriot Neymar itu dikabarkan memang ingin hengkang ke Barcelona sehingga membuat The Reds dilema untuk mempertahankannya.

Jadi atau tidaknya Coutinho, ada sejumlah fakta unik seperti dilansir dari AS.com. Berikut 10 fakta unik tersebut.

1. Lahir dan Dibesarkan di Favela
Philippe Coutinho merupakan satu dari sejumlah pemain Brasil yang dibesarkan di pemukiman kumuh. (Philippe Coutinho merupakan satu dari sejumlah pemain Brasil yang dibesarkan di pemukiman kumuh. (Kim Klement-USA TODAY Sports via REUTERS)
Philippe Coutinho merupakan satu dari sejumlah sosok pemain yang sukses keluar dari kemiskinan di Brasil. Pemain 25 tahun itu pernah dibesarkan di salah satu favela atau pemukiman kumuh untuk istilah Brasil, di wilayah Manguera, Rio de Janeiro.

2. Diasah Melalui Futsal

Philippe Coutinho memulai kariernya bukan dari sepak bola. Ia kali pertama merupakan pemain futsal saat masih kecil. Klub futsal Brasil yang pernah dibelanya adalah Vasco da Gama sebelum beralih sebagai pesepakbola.

3. Menjejak Eropa Pada Usia 14 Tahun

Coutinho kali pertama menjejakkan kakinya di benua Eropa pada usia 14 tahun. Tepatnya di Spanyol, ia ambil bagian pada kejuaraan junior Piala Mediterania. Di sanalah Internazionale Milano melalui para pencari bakatnya berhasil menemukan bakat pemain tersebut.

4. Bersahabat Erat dengan Luis Suarez
Philippe Coutinho dikenal amat dekat dengan penyerang Barcelona, Luis Suarez. (Philippe Coutinho dikenal amat dekat dengan penyerang Barcelona, Luis Suarez. (REUTERS/Sergio Perez)
Keinginan Coutinho untuk hengkang ke Barcelona sebenarnya bukan hal mengejutkan lagi. Sebab, di Barcelona ia memiliki sahabat erat yakni Luis Suarez yang juga pernah memperkuat Liverpool. Hubungan erat yang sama pula antara Suarez dengan Lionel Messi.

5. Persahabatan dengan Neymar

Bukan hanya dengan Luis Suarez, Philippe Coutinho juga disebut-sebut amat bersahabat dengan Neymar. Persahabatan mereka dimulai ketika keduanya masih berseragam timnas junior Brasil.

6. Setia Terhadap Pasangan Hidup

Coutinho dikenal bukan sebagai pemain dengan sosok flamboyan dan selalu berganti pasangan. Ia merupakan contoh pesepakbola yang setia terhadap pasangan hidupnya. Coutinho menikahi Aine, wanita yang dipacarainya sejak dirinya baru berusia 17 tahun.

7. Pecinta Tato
Philippe Coutinho punya tato untuk mendedikasikan kecintaan terhadap keluarga. (Philippe Coutinho punya tato untuk mendedikasikan kecintaan terhadap keluarga. (Reuters / John Sibley)
Coutinho termasuk pesepakbola yang amat menggandrungi seni merajah tubuh atau tato. Terlebih, ia membuat tato-tato itu untuk mendedikasikan cintanya terhadap keluarga dan orang-orang yang ia sayangi.

8. Pengalaman Kelam Melawan Barcelona

Coutinho rupanya juga punya hubungan emosional yang spesial dengan Barcelona. Namun, bukan cerita yang manis. Ia pernah merasakan pengalaman kelam dikalahkan Blaugrana 4-0 saat masih memperkuat Espanyol.

9. Dijuluki Pesulap

Coutinho dinilai banyak pihak memiliki bakat spesial dalam memainkan si kulit bundar dengan kakinya di atas rumput. Tak heran, julukan ‘sang pesulap’ pun melekat terhadapnya.

10. Sang Ibu Jadi Motivasi Utama

Coutinho juga dikenal sebagai pemain yang amat menyayangi ibunya. Sosok ibu bahkan menjadi sumber motivasi dan inspirasi utama di atas segalanya. Pernah pula mantan pelatih Liverpool, Brendan Rodgers, memanfaatkan situasi itu dengan membacakan surat dari ibu masing-masing pemainnya di hadapan mereka, termasuk Coutinho sebelum pertandingan untuk memotivasi mereka. (bac)