Lampu Stadion GBK Saingi San Siro Milan

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Jumat, 12/01/2018 08:07 WIB
Lampu Stadion GBK Saingi San Siro Milan Pencahahayaan Stadion GBK saingi San Siro Milan. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Stadion Utama Gelora Bung Karno kian cantik setelah bersolek selama dua tahun terakhir. Pencahayaan lampu stadion termegah di Indonesia itu bahkan menyaingi Stadion San Siro di Milan, Italia.

Dilansir dari situs GBK, SUGBK memiliki pencahayaan lampu yang mendukung untuk penyiaran secara langsung dengan kualitas HD yakni 3.000 lux.

Laman resmi PSSI bahkan menyebut pergantian dan penambahan lampu di lapangan stadion yang sebelumnya hanya 1200 lux kini menjadi 3500 lux.


Seidikitnya ada sekitar 640 buah lampu berjenis LED (Light Emmitting Diode) yang dipasok oleh Panasonic menerangi stadion ini.
Stadion GBK bakal digunakan menggelar laga uji coba Timnas Indonesia vs Timnas Islandia. (CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi)Stadion GBK bakal digunakan menggelar laga uji coba Timnas Indonesia vs Timnas Islandia. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Kekuatan pencahayaan GBK tak jauh berbeda dengan yang digunakan di Stadion San Siro. StadiumDB.com melansir markas klub sepak bola AC Milan dan Inter Milan itu memiliki pencahayaan 3.600 lux atau hanya berbeda 100 lux dari GBK.

Stadion termegah di Indonesia itu memang disiapkan untuk menggelar Asian Games 2018 bulan Agustus mendatang.

Namun, sebelumnya akan segera diuji sebagai lokasi pertandingan Timnas Indonesia melawan Islandia pada tanggal 14 Januari 2018 sekaligus peresmian langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo.

Fasilitas dan sarana Stadion GBK mengalami banyak perubahan. Selain pencahayaan yang mewah, kursi penonton juga telah diubah single sitter. (jun)