Analisis

Timnas Indonesia vs Islandia Diprediksi Main Cepat

Ahmad Bachrain , CNN Indonesia | Minggu, 14/01/2018 11:10 WIB
Timnas Indonesia vs Islandia Diprediksi Main Cepat Timnas Indonesia lawan Islandia diprediksi menampilkan permainan cepat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Islandia bersiap melakoni laga kedua tur uji coba di Indonesia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pada pertandingan persahabatan lawan Indonesia Selection di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (11/1), tim arahan Heimir Hallgrimsson menang besar 6-0.

Lawan berikutnya skuat berjulukan Our Boys adalah Timnas Indonesia yang tengah melakukan persiapan untuk Asian Games 2018. Pertandingan nanti diprediksi akan berbeda dibandingkan saat Timnas Islandia membantai para pemain veteran Timnas Indonesia.

Laga uji coba nanti kemungkinan bakal menampilkan permainan cepat dan cukup intensif. Pasalnya, Islandia yang bermain agresif, tak lagi menghadapi tim yang mayoritas dihuni para pemain gaek.

Tim negeri Viking itu akan menghadapi lawan yang sebagian besar secara usia tak jauh berbeda dengan mereka. Level stamina kedua tim juga hampir sama. Mungkin tingkat kebugaran skuat arahan Luis Milla sedikit di bawah Islandia.
Timnas Islandia mampu mengalahkan Indonesia Selection 6-0 pada uji coba pertama. (Timnas Islandia mampu mengalahkan Indonesia Selection 6-0 pada uji coba pertama. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Luis Milla juga hanya memanggil beberapa nama pemain senior untuk dikombinasikan di skuatnya saat menghadapi Islandia. Mereka adalah striker Persipura Jayapura, Boaz Solossa, Andik Vermansah, Fachrrudin Aryanto, Victor Igbonefo, dan Andritany Ardhiyasa.

Sedangkan sebagian besar merupakan para pemain yang usianya kurang 25 tahun pada laga menghadapi Islandia.

Menarik pula jika melihat profil tim yang terus dibangun Milla terkait uji coba lawan tim asal negara kawasan Nordik tersebut. Juru taktik asal Spanyol itu tipe pelatih yang menyukai permainan cepat, termasuk mengandalkan kecepatan di kedua lini sayap.
Timnas Indonesia bakal ladeni permainan cepat Islandia. (Timnas Indonesia bakal ladeni permainan cepat Islandia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Filosofi permainan cepat kombinasi umpan-umpan pendek dan panjang itu pula yang terus ditanamkan Milla di skuat asuhannya untuk berlaga di Asian Games pada Agustus mendatang.

Tengok saja pemain-pemain macam Muhammad Hargianto, Febri Hariyadi, Osvaldo Haay, Septian David Maulana, dan Rezaldi Hehanusa. Mereka boleh dibilang para pelari cepat dan energik di skuat Garuda Muda.

Islandia juga memiliki karakter permainan yang sama dengan mengandalkan kecepatan, termasuk di sektor sayap mereka. Tentu saja, Our Boys jadi lawan yang sangat pas bagi Milla untuk menguji daya 'ledak' dan ketahanan klubnya di lapangan.

Pada laga uji coba menghadapi Indonesia Selection, Islandia menampilkan permainan menyerang dengan skema 4-3-3. Trio lini depan Albert Gudmundsson, Andre Bjarnasson, dan Mikael Anderson, mampu mengobrak-abrik pertahanan Maman Abdurrahman dan kawan-kawan.

Permainan agresif Islandia juga jadi tes yang sangat tepat bagi Milla untuk menguji kemampuan bertahan dan kesolidan timnya pada laga nanti.

Islandia juga diprediksi akan lebih banyak mengandalkan umpan-umpan lambung ke jantung pertahanan Timnas Indonesia, termasuk pula servis bola mati. Sebab, skuat Timnas Indoinesia secara postur masih kalah tinggi dibandingkan lawannya nanti.

Laga nanti juga akan menjadi ujian bagi pertahanan Garuda untuk memperbaiki antisipasi bola-bola udara melawan tim dengan postur yang tinggi.
Timnas Islandia diprediksi akan banyak mengandalkan umpan-umpan lambung menghadapi Timnas Indonesia. (Timnas Islandia diprediksi akan banyak mengandalkan umpan-umpan lambung menghadapi Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Secara level permainan, Islandia merupakan lawan uji coba yang bagus bagi Milla. Meski hanya diperkuat mayoritas para pemain pelapis, kualitas Islandia tak diragukan lagi sangat ciamik.

Bahkan bisa dibilang, Islandia merupakan lawan terbaik Timnas Indonesia dibandingkan lawan-lawan sebelumnya sepanjang uji coba yang pernah dilakoni sejauh ini.

Secara hasil, amat sulit bagi Evan Dimas dan kawan-kawan menghadapi Islandia. Namun, Garuda Muda minimal bisa sedikit mengimbangi permainan cepat dan bakal menguras banyak energi.

Milla pun sadar, bukan hasil yang dicari sehingga kekalahan bukan jadi soal baginya. Permainan ciamik kontestan Piala Dunia 2018 itu tentu akan lebih 'menelanjangi' kekurangan-kekurangan Timnas Indonesia untuk evaluasi ke depan. (har)