Penonton Timnas Indonesia vs Islandia Akan Mendapat Edukasi

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Jumat, 12/01/2018 23:35 WIB
Penonton Timnas Indonesia vs Islandia Akan Mendapat Edukasi Timnas Indonesia akan menjamu Islandia pada laga persahabatan di SUGBK. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto mengatakan Kemenpora bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, PSSI, serta staf Gelora Bung Karno akan mengedukasi suporter yang menyaksikan langsung laga Timnas Indonesia vs Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (14/1).

Pertandingan Timnas Indonesia vs Islandia di SUGBK rencananya akan disaksikan langsung Presiden Joko Widodo. Gatot mengatakan semua pihak terkait telah menyiapkan strategi untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, termasuk kerusuhan suporter.

“Kemungkinan masyarakat datang terbagi dua. Pertama karena melihat wajah baru stadion seperti apa, dan kedua nonton Timnas Indonesia. Antusiasme itu kan berpotensi menjadi banyak sekali,” ujar Gatot di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (12/1).


Gatot juga mengatakan suporter yang menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia vs Islandia akan mendapat edukasi cara masuk stadion dengan benar. Pasalnya, terjadi perubahan proses masuk stadion tiket pertandingan menggunakan kartu pintar (smart card). Tiket akan memiliki barcode yang hanya bisa dipakai sesuai tempat duduk tertera.
SUGBK akan menjalani pertandingan pertama usai direnovasi.SUGBK akan menjalani pertandingan pertama usai direnovasi. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
“Kalau bunyi hijau itu mempersilakan masuk. Kalau merah otomatis si petugas berhak melarang ada dua kemungkinan, itu palsu atau itu bukan kartu masuk stadion,” ucap Gatot.

Pemeriksaan manual juga akan dilakukan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) demi menghindari lolosnya suar serta laser yang dikhawatirkan mengganggu jalannya pertandingan.
Timnas Islandia akan menjalani pertandingan kedua di Indonesia dengan menghadapi Timnas Indonesia.Timnas Islandia akan menjalani pertandingan kedua di Indonesia dengan menghadapi Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Di sisi lain, akses masuk Gelora Bung Karno juga masih terbatas. Sehingga, manajemen lalu lintas akan dibahas lebih lanjut. Dalam rapat bersama Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi, Paspampres, serta Sekretaris Militer Presiden Marsma TNI Trisno Hendradi, pihak Istana menyarankan agar dipasang banyak papan pemberitahuan sehingga masyarakat dapat masuk dengan mudah.

“Karena kalau hanya bertanya kepada sesama penonton [sama-sama] tidak tahu, tanya ke Paspampres kasihan juga. Pokoknya [mengedukasi] melalui sosialisasi jumpa pers nanti dan juga relawan desk informasi di beberapa titik tertentu,” ucap Gatot.

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan pertandingan Timnas Indonesia vs Islandia, panitia juga sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya. Sekitar 2.500 personel akan diturunkan mengamankan GBK saat pertandingan. (har/ptr)