Kontrak Unik Pesepakbola, Termasuk Minta ke Luar Angkasa

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Sabtu, 13/01/2018 10:07 WIB
Kontrak Unik Pesepakbola, Termasuk Minta ke Luar Angkasa Klausul kontrak unik para pesepak bola, termasuk permintaan khusus perpanjangan kontrak Lionel Messi. (Dok. Barcelona)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lionel Messi memilih bertahan di Barcelona hingga 2021. Yang menarik, Messi mencantumkan syarat khusus dalam klausul kontrak barunya yang ditandatangani pada 25 November 2017.

Syarat khusus itu terkait isu kemerdekaan Catalonia dari Real Madrid yang sempat ramai pada Oktober 2017. Messi mensyaratkan bisa hengkang begitu saja dari Blaugrana apabila Catalonia memilih merdeka.

Messi sengaja membuat klausul tersebut setelah mengetahui kabar bahwa Barcelona bakal tak lagi ikut di La Liga Spanyol apabila Catalonia merdeka. Seperti diketahui, Barca merupakan simbol kebanggaan para warga Catalan.
Lionel Messi meminta klausul khusus dalam perpanjangan kontrak dengan Barcelona pada November 2017. (Lionel Messi meminta klausul khusus dalam perpanjangan kontrak dengan Barcelona pada November 2017. (REUTERS/Sergio Perez)
Rupanya bukan hanya Messi yang tercatat pernah menghendaki syarat cukup aneh dalam perpanjangan kontraknya. Dilansir dari National Law Review, tercatat pula pernah ada sejumlah pesepakbola yang mencatumkan syarat khusus dalam klausul kontrak tersebut.


Berikut lima nama pemain, termasuk bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo, yang pernah mencantumkan syarat khusus dalam klausul kontrak mereka di klub masing-masing:

Giuseppe Reina

Giuseppe Reina pernah meminta syarat khusus kepada klub DSC Arminia Bielefeld di Bundesliga musim 1966. Ia memasukkan klausul dalam kontraknya, meminta dibangunkan sebuah rumah setiap tahun selama masa kontrak berdurasi tiga tahun itu.
Giuseppe Reina meminta dibangunkan rumah setiap tahunnya saat kontrak dengan DSC Arminia Bielefeld. (Giuseppe Reina meminta dibangunkan rumah setiap tahunnya saat kontrak dengan DSC Arminia Bielefeld. (REUTERS/Alex Morton)
Lucunya, Reina justru terkecoh dengan akal-akalan klub dalam klausul kontrak itu. Pihak Arminia hanya membuat rumah-rumahan lego setiap tahunnya karena dalam kontrak itu tidak dijelaskan terkait syarat ukuran dan jenis rumah tersebut.

Stefan Schwarz

Valencia pernah mendatangkan gelandang Swedia, Stefan Schawrz, pada 1999 dengan nilai €4,5 juta saat itu. Ada syarat aneh yang diminta Schwarz.
Stefan Schwarz meminta agar klub Valencia memenuhi keinginannya pergi ke luar angkasa. (Stefan Schwarz meminta agar klub Valencia memenuhi keinginannya pergi ke luar angkasa. (AFP PHOTO / PASCAL PAVANI)
Ia ingin klub mengabulkan permintaan agar dirinya bisa pergi ke luar angkasa dengan pesawat ulang-alik jelang kontraknya habis pada 2002. Namun, klub mampu merangkai kata sedemikian rupa dalam klausul kontrak sehingga Schwarz tak bisa ke luar angkasa.

Dennis Bergkamp

Dennis Bergkamp pernah menjadi striker andalan Arsenal selama 11 tahun sejak bergabung pada 1995. The Gunners juga klub terakhirnya sebelum pensiun.
Dennis Bergkamp meminta klub Arsenal agar ia tidak ikut rombongan tim naik pesawat. (Dennis Bergkamp meminta klub Arsenal agar ia tidak ikut rombongan tim naik pesawat. (AFP PHOTO / ADRIAN DENNIS)
Perlu klausul kontrak khusus yang harus dipenuhi Arsenal untuk mendapatkan Bergkamp saat itu. Pemain asal Belanda itu meminta syarat transportasi tidak menggunakan pesawat pada tur pertandingan The Gunners lantaran fobia naik pesawat terbang.

Ronaldinho

Ronaldinho pulang kampung ke Brasil pada 2011 setelah berkarier di Eropa. Ia memperkuat Flamengo pada tahun itu dengan mencetak 15 gol dalam 33 penampilannya selama 14 bulan.
Ronaldinho saat pernah berseragam Barcelona. (Ronaldinho saat pernah berseragam Barcelona. (AFP PHOTO / LLUIS GENE)
Sebagai bagian dari kesepakatan, Ronaldinho meminta klausul tambahan agar ia diperbolehkan keluar ke kelab malam dua kali dalam sepekan.

Cristiano Ronaldo
Klausul pelepasan dalam perpanjangan kontrak Cristiano Ronaldo pada 2015 mencapai nilai fantastis. (Klausul pelepasan dalam perpanjangan kontrak Cristiano Ronaldo pada 2015 mencapai nilai fantastis. (REUTERS/Javier Barbancho)
Cristiano Ronaldo kali pertama bergabung bersama Real Madrid pada 2009. Salah satu hal mengejutkan dalam kontrak Ronaldo adalah klausul pelepasan €1 miliar atau setara Rp16 triliun pada perpanjangan kontrak 2015. (har)