Pelatih Timnas Islandia Masih Praktik Dokter Gigi

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Minggu, 14/01/2018 16:59 WIB
Pelatih Timnas Islandia Masih Praktik Dokter Gigi Heimir Hallgrimsson menjadi pelatih pertama yang mampu membawa timnas Islandia ke Piala Dunia. (M. Arby Rahmat Putratama H)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih timnas Islandia, Heimir Hallgrimsson, memiliki karier yang luar biasa. Pelatih yang mengantarkan timnas Islandia untuk kali pertama ke Piala Dunia itu masih disibukkan dengan kegiatan sebagai dokter gigi.

Karier Hallgrimsson sebagai pelatih mulai terdengar ketika menjadi asisten Lars Lagerback di timnas Islandia. Pada 2013, Hallgrimsson dan Lagerback ditunjuk Asosiasi Sepak Bola Islandia (KSI) menjadi pelatih bersama timnas Islandia.

Duet Hallgrimsson-Lagerback mencetak sejarah dengan membawa timnas Islandia lolos ke putaran final Piala Eropa 2016. Timnas Islandia tampil mengejutkan di Piala Eropa 2016 sebelum dihentikan tuan rumah Perancis di babak perempat final.


Usai Piala Eropa 2016, Hallgrimsson menjadi pelatih utama timnas Islandia setelah Lagerback melatih timnas Norwegia. Pelatih 50 tahun itu pun sukses membawa timnas Islandia untuk kali pertama ke putaran final Piala Dunia.
Heimir Hallgrimsson dan timnas Islandia akan menghadapi Timnas Indonesia malam ini.Heimir Hallgrimsson dan timnas Islandia akan menghadapi Timnas Indonesia malam ini. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Hallgrimsson dipastikan akan terus sibuk bersama timnas Islandia hingga putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Jika tidak sibuk bersama timnas Islandia, Hallgrimsson memiliki kegiatan yang cukup menarik untuk seorang pelatih sepak bola. Ya, Hallgrimsson juga berprofesi sebagai dokter gigi.

Dikutip dari situs resmi FIFA, Hallgrimsson membuka praktik dokter gigi di daerah Heimaey, sebuah pulau kecil dengan penduduk sekitar 5 ribu orang.
Heimir Hallgrimsson tidak memiliki karier mengilap ketika masih menjadi pemain.Heimir Hallgrimsson tidak memiliki karier mengilap ketika masih menjadi pemain. (REUTERS/UEFA/Handout)
“Di sela kesibukan sebagai pelatih, saya masih suka pulang ke rumah dan melakukan praktik dokter gigi. Itu hanya kebiasaan saya. Sejumlah pelatih gemar bermain golf ketika tidak sibuk, saya pergi ke kantor dan membuka praktik dokter gigi,” ujar Hallgrimsson.

“Kegiatan itu bisa membuat saya sedikit melupakan sepak bola. Saya bisa bertemu pasien dan teman, orang-orang yang saya rindukan,” sambung mantan pelatih IBV tersebut.

Hallgrimsson dan timnas Islandia kini berada di Jakarta dan dijadwalkan menghadapi Timnas Indonesia pada laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (14/1), mulai pukul 18.30 WIB. (ptr)