Jokowi: Indonesia Menang di Awal Pertandingan

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Minggu, 14/01/2018 23:27 WIB
Jokowi: Indonesia Menang di Awal Pertandingan Presiden Joko Widodo (kedua kanan) berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) disela-sela menyaksikan laga persahabatan antara Indonesia melawan Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (13/1). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menanggapi santai kekalahan 1-4 Timnas Indonesia dari Islandia dalam laga uji tanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (14/1).

“Tadi menang di awal-awal pertandingan. Itu gol,” kata Jokowi sambil tertawa.

Timnas Indonesia sempat unggul 1-0 pada menit ke-29 melalui gol Ilham Udin Armaiyn yang memanfaatkan blunder kiper Islandia Alex Runarsson.


Sayang keunggulan tim Merah Putih tidak mampu dipertahankan hingga laga usai.

Islandia berhasil menyamakan kedudukan melalui pemain pengganti Albert Gudmundsson pada akhir babak pertama.
Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan Stadion Utama Gelora Bung Karno setelah direnovasi menjelang penyelenggaraan Asian Games 2018.Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan Stadion Utama Gelora Bung Karno setelah direnovasi menjelang penyelenggaraan Asian Games 2018. CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Di babak kedua, timnas Islandia mulai mampu menemukan ritme permainan. Islandia unggul 2-1 lewat gol Arnor Smarason pada menit ke-59. Keunggulan bertambah menjadi 3-1 pada menit ke-65 melalui penalti Gudmundsson akibat timnas Indonesia Hansamu Yama Pranata melanggar Gudmundsson.

Gudmundsson melengkapi hattrick pada menit ke-71 melalui solo-run dari tengah lapangan.

Jokowi berpendapat, pertandingan kontra Islandia menjadi laga pemanasan yang baik jelang tampil di Asian Games tahun ini.

Mengikuti banyak kompetisi, kata Jokowi, diyakini akan memperbaiki sekaligus meningkatkan performa skuat Garuda.

“Dari sini kami tahu mana yang harus dibenahi, perbaiki untuk nanti kita bisa masuk ke ajang terutama persiapan Asian Games,” tutur Jokowi.

Sementara itu, mantan Wali Kota Solo itu juga menuturkan SUGBK sudah jauh lebih baik.

“Saya kira sudah sangat bagus. Tadi juga pelatih Islandia sudah menyampaikan stadion GBK sangat besar dan sangat bagus,” ucapnya. (nva)